Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis SWOT terhadap produk talangan haji (Prohajj) PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan

Hidayah, Paisah Nurul (2023) Analisis SWOT terhadap produk talangan haji (Prohajj) PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100105.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Talangan haji merupakan suatu produk pelnyaluran dana yang dikelmbangkan olelh PT. Bank Muamalat Indonelsia KCU. Padangsidimpuan, yang dibelri nama “prohajj”, dimana tujuannya adalah untuk mempermudah masyarakat dalam proses pelaksanaan ibadah haji. Felnomelna yang telrjadi dalam pelnellitian ini adalah masalah finansial, dimana ibadah haji hampir dapat dipastikan melnjadi salah satu cita-cita dan harapan bagi seltiap umat muslim. Namun pada kelnyataannya, masih banyak masyarakat yang bellum melmpelrolelh kelselmpatan untuk melnunaikan ibadah haji, dikarelnakan belrbagai macam kelndala yang ada, diantaranya yaitu masalah finansial. Tujuan pelnellitian ini adalah untuk melngeltahui bagaimana kelkuatan (strelnghts), kellelmahan (welaknelss), pelluang (opportunity) dan ancaman (threlats) telrhadap produk talangan haji (prohajj) pada PT. Bank Muamalat Indonelsia KCU. Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah bagian Brach Recovery, Community Sales Representatif, Branch Collection Hybrid, Customer Service, Branch Sales Officer, Relationship Manager Business dan Nasabah Pengguna Produk Talangan Haji (Prohajj). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis SWOT pada penelitian ini menunjukkan bahwa, kekuatan produk talangan haji yaitu meningkatkan profit bank, memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk merealisasikan perjalanan ibadah haji memberikan kemudahan dalam bertransaksi perbankan dan pembayaran angsuran yang simpel serta terjangkau. Kelemahan produk talangan haji yaitu, masa tunggu pemberangkatan ibadah haji yang cukup lama dan tidak adanya jaminan yang diminta dari nasabah, sehingga apabila nasabah melakukan penunggakan angsuran, maka bank akan mengalami kerugian. Peluang produk talangan haji adalah mayoritas penduduk beragama Islam. Ancaman produk talangan haji yaitu adanya penolakan produk talangan haji oleh pemerintah, adanya produk sejenis dengan talangan haji dan minat masyarakat yang lebih memilih umroh daripada haji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan Samsuddin Muhammad, S.E., M.Si
Keywords: Analisis SWOT; Talangan haji
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Dec 2023 08:59
Last Modified: 19 Dec 2023 08:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9988

Actions (login required)

View Item View Item