Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi masyarakat Kelurahan Balam Sempurna Kabupaten Rokan Hilir terhadap produk dan jasa bank syariah

Akmal, Fauzy (2022) Persepsi masyarakat Kelurahan Balam Sempurna Kabupaten Rokan Hilir terhadap produk dan jasa bank syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang persepsi masyarakat terhadap bank syariah di Kelurahan Balam Sempurna, yang letaknya dipinggir jalan lintas, dengan kepala keluarga mencapai 3.278 jiwa, Laki-laki sebanyak 7.177 jiwa, dan perempuan sebanyak 6.864 jiwa. Dimana lokasi tersebut, tidak terdapat satupun bank syariah. Mengingat masyarakat Balam Sempurna Kabupaten Rokan Hilir mayoritas beragama Islam, membuat kenyataan ini sangat miris. Kehadiran bank syariah ternyata belum mampu mengalihkan persepsi masyarakat tentang bank konvensional ke bank syariah. Sebagian besar masyarakat masih banyak menggunakan jasa bank konvensional dibandingkan jasa bank syariah. Sebagaimana sebagian masyarakat beranggapan bank syariah dan bank konvensional tidak memiliki perbedaan. Oleh karena itu peneliti tertarik meneliti lebih lanjut bagaimana persepsi masyarakat Kelurahan Balam Sempurna terhadap perbankan syariah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori persepsi, faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi, teori mengenai masyarakat, dan teori yang membahas tentang Produk dan Jasa di bank syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dimana peneliti menggunakan wawancara struktur secara lisan yang hanya memuat pertanyaan-pertanyaan tertentu, dimana set-set pertanyaan dengan urutan yang telah disiapkan oleh peneliti, dan jawaban direkam dalam bentuk yang terstandardisasi, guna mempermudah peneliti untuk mengumpulkan data mengenai Persepsi/pendapat masyarakat tentang bank syariah. Sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data Primer dan sekunder, sumber data primer yaitu, didapatkan dengan hasil wawancara dengan masyarakat di lokasi penelitian, dan sumber data Sekunder yaitu di dapati dari tambahan referensi buku-buku dari Perpustakaan. Hasil penelitian ini, menyimpulkan masih banyak masyarakat belum memahami tentang bank syariah, dikarenakan masih rendahnya promosi yang dilakukan, hasil wawancara dengan beberapa masyarakat, kebijakan kepala daerah dan perusahaan yang ikut berkontribusi mendorong masyarakat bergabung ke bank konvensional, dikarenakan proses pencairan gaji, pinjaman dana modal usaha masyarakat, beasiswa dan lainnya dengan bank konvensional. Namun sebagian masyarakat mengetahui perbedaan bank syariah dengan bank konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Arbanur Rasyid, M.Ag. dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I.
Keywords: Persepsi; Masyarakat; Produk jasa bank syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Jun 2022 04:20
Last Modified: 23 Nov 2022 02:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7704

Actions (login required)

View Item View Item