Harahap, Hasnan Habib (2020) Pengaruh persepsi kemudahan, kegunaan dan kepercayaan terhadap minat menggunakan Mobile Banking. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640100031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Mobile banking merupakan salah satu bukti perwujudan kemajuan teknologi di bidang perbankan. Mobile banking hadir dengan berbagai kemudahan dan kegunaan yang diberikan kepada nasabah. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan terhadap dosen dan pegawai Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan, peneliti memperoleh hasil bahwa jumlah peengguna mobile banking di antara dosen dan pegawai IAIN Padangsidimpuan masih minim. Maka dalam penelitian ini digunakan persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, dan kepercayaan sebagai variabel independen dan minat menggunakan sebagai variabel dependen dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari ketiga variabel tersebut terhadap minat menggunakan mobile banking secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan konsep Technology Acceptance Model (TAM) yang merupakan konsep oleh Davis (1989). TAM merupakan sebuah teori yang menjadi landasan untuk mempelajari dan memahami perilaku pemakai dalam menerima dan menggunakan teknologi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuisioner. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik insidental sampling dengan jumlah 73 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus slovin. Metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas), uji koefisien determinasi, uni regresi linier berganda dan uji hipotesis (uji t dan uji F). Untuk mempermudah proses analisis data penelitian ini maka dibantu dengan program SPSS 25. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial tidak terdapat pengaruh persepsi kemudahan terhadap minat dosen dan pegawai IAIN Padangsidimpuan menggunakan mobile banking, terdapat pengaruh persepsi kegunaan terhadap minat dosen dan pegawai IAIN Padangsidimpuan menggunakan mobile banking, dan terdapat pengaruh kepercayaan terhadap minat dosen dan pegawai IAIN Padangsidimpuan menggunakan mobile banking. Sementara secara simultan terdapat pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kegunaan dan kepercayaan terhadap minat dosen dan pegawai IAIN Padangsidimpuan menggunakan mobile banking.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr.Darwis Harahap,S.HI.,M.Si dan Nurul Izzah,SE.,M.Si |
Keywords: | Persepsi, Minat, Mobile, Banking |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 03:27 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 01:26 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3350 |
Actions (login required)
View Item |