Yanti, Rahma (2025) Pengaruh integrated marketing communication terhadap keputusan masyarakat dalam memilih produk bank syariah di Desa Muara Hutaraja. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
1840100215.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman masyarakat terhadap konsep perbankan syariah, minimnya informasi terkait produk yang ditawarkan, serta kurangnya efektivitas strategi komunikasi pemasaran oleh pihak bank syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari elemen-elemen Integrated Marketing Communication (IMC) seperti advertising, sales promotion, personal selling, public relation, direct marketing, dan interactive/internet marketing terhadap keputusan masyarakat dalam memilih produk bank syariah di Desa Muara Hutaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden yang merupakan nasabah bank syariah. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, serta pengujian hipotesis secara parsial (uji t) dan simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Public Relation, dan Internet Marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat dalam memilih produk Bank Syariah di Desa Muara Hutaraja, Sedangkan variabel Direct Marketing tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan masyarakat Desa Muara Hutaraja. Secara simultan variabel Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Public Relation, Direct Marketing, dan Internet Marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat. Sehingga, bauran promosi memiliki peran penting dalam memengaruhi keputusan masyarakat dalam memilih produk Bank Syariah di Desa Muara Hutaraja.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd dan M. Yarham, M.H |
| Keywords: | Integrated marketing communication; Keputusan Masyarakat; Produk; Bank Syariah; Desa Muara Hutaraja |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 03:37 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 03:37 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13031 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
