Nasution, Ade Rabiah (2025) Pengaruh interaksi teman sebaya terhadap perkembangan sosial pada anak usia 5 tahun di TK Kartika 1-49 Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2120600017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam interaksi dengan teman sebaya yang masih kurang optimal, sehingga berdampak pada rendahnya perkembangan sosial anak. Kondisi ini ditandai dengan masih banyaknya anak yang belum sepenuhnya mampu berkomunikasi dengan lancar, berbagi, atau bekerja sama dengan teman-temannya dalam berbagai kegiatan. Beberapa anak juga terlihat lebih sering bermain sendiri atau lebih banyak berinteraksi dengan guru daripada dengan teman seusianya.Keadaan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kebiasaan anak yang lebih sering beraktivitas sendiri di rumah, kurangnya kesempatan untuk bermain dalam kelompok, atau bahkan rasa kurang percaya diri saat berinteraksi dengan teman sebaya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap perkembangan sosial pada anak usia 5 tahun di TK Kartika 1-49 Kota Padangsidimpuan. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 20 anak usia 5 tahun kelompok B di TK Kartika 1-49 Kota Padangsidimpuan.Hasil penelitian melalui uji hipotesis analisis regresi sederhana menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara interaksi teman sebaya terhadap perkembangan sosial anak usia 5 tahun di TK Kartika 1-49 Kota Padangsidimpuan. Temuan ini dibuktikan melalui hasil perhitungan uji t, di mana diperoleh nilai T hitung = 7,313 yang lebih besar dari T tabel = 2,110 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak, sehingga terbukti bahwa interaksi teman sebaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan sosial anak usia 5 tahun di TK Kartika 1-49 Kota Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi dan Sakinah Siregar, M.Pd |
Keywords: | Interaksi; Teman sebaya; Perkembangan sosial; Anak usia 5 tahun; TK Kartika 1-49; Kota Padangsidimpuan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 04:32 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 04:32 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12585 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |