Rahmadani, Silva (2024) Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar PPKn Siswa di SD Negeri 200402 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500174.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena siswa kurang mendengarkan guru yang sedang mengajar di kelas, menganggap pelajaran PPKn adalah pembelajaran yang cukup membosankan dan susah untuk dimengerti serta kurangnya antusias siswa. Guru juga belum dapat memanfaatkan, memilih model pembelajaran yang inovatif. Sehingga perlu adanya perubahan dalam proses pembelajaran di kelas, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Rumusan masalah dalam penelitiannya yaitu apakah penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dan bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran PPKn kelas IV SD Negeri 200402 Padangsidimpuan?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kurt Lewin. Subyek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 200402 Padangsidimpuan dengan jumlah 17 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu soal tes untuk melihat peningkatan yang diperoleh siswa, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil belajar siswa pada tes awal nilai rata-rata siswa adalah 54 atau sebesar 24%. Kemudian dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 67 atau sebesar 59% artinya mengalami peningkatan dari kondisi awal. Setelah dilaksanakan refleksi pada siklus I, nilai rata-rata siswa pada siklus II meningkat menjadi 80 atau sebesar 88%. Dengan demikian hasil belajar siswa dari siklus I sampai II mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran talking stick.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Hamidah, M.Pd dan Dr. Maulana Arafat Lubis, M.Pd |
Keywords: | Model pembelajaran talking stick; Hasil belajar; PPKn; Siswa; SD Negeri 200402 Padangsidimpuan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 08:54 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 08:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12187 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |