Fadli, Shakila (2024) Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah produk murabahah pada PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2040100084.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Dalam penelitian ini jumlah nasabah produk pembiayaan meningkat setiap tahunnya dan perlunya di analisis strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan dalam meningkatkan jumlah nasabah produk pembiayaan murabahah, kemudian berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti kepada pimpinan seksi pembiayaan PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan bahwasannya strategi yang diterapkan oleh Bank Sumut Syariah Cabang Padangsidimpuan yaitu dengan bauran pemasaran (marketing mix) 7P. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah dan cara terbaik untuk memperkenalkan produk pembiayaan murabahah serta keunggulan yang ditonjolkan produk pembiayaan murabahah PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 1 pimpinan seksi pembiayaan dan 1 karyawan marketing PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan dan nasabah sebanyak 3 orang, Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah penerapan strategi pemasaran yang digunakan oleh PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan dengan bauran pemasaran (marketing mix) yaitu penerapan strategi produk, pihak Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan menyediakan beraneka ragam produk pembiayaan murabahah seperti produk pembiayaan murabahah modal kerja, konsumtif, investasi dan pembiayaan murabahah multiguna, penerapan startegi harga dengan margin yang telah ditentukan, penerapan strategi promosi yaitu dengan periklanan seperti membagikan brosur kepada masyarakat, memasang spanduk, dan melakukan personal selling kepada calon nasabah, cara terbaik untuk memperkenalkan produk pembiayaan murabahah adalah dengan membagikan brosur dan memberikan penjelasan kepada nasabah tentang produk pembiayaan murabahah dan melakukan sosialisasi-sosialisasi ke berbagai instansi-instansi dan dinas-dinas, dan keunggulan yang ditonjolkan dari produk pembiayaan murabahah oleh PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan adalah bebas biaya administrasi dan mendapatkan promo berhadiah pada setiap periode akhir bulan serta melakukan pencairan dengan cepat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd dan Samsuddin Muhammad, S.E., M.Si |
Keywords: | Strategi pemasaran; Produk murabahah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012703 al-Murabahah 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr. Rita Fitri Tinambunan |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 03:55 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 03:55 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |