Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran pembiayaan KPR bersubsidi di PT. Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Padangsidimpuan

Siregar, Robiatul Adawiyah (2024) Strategi pemasaran pembiayaan KPR bersubsidi di PT. Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100307.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Nasabah pembiayaan merupakan salah satu aspek penting dalam lembaga keuangan berdasarkan prinsip syariah karena salah satu cara bank atau lembaga keuangan lainnya mendapatkan laba melalui pembiayaan dengan tingkat bagi hasil atau margin yang telah disepakati. Produk pembiayaan yang umum dalam sistem perbankan syariah diantaranya yaitu KPR Bersubsidi FLPP yaitu produk fasilitas kredit kepemilikan rumah kepada masyarakat berpenghasilan rendah. Dengan berkembangnya jumlah nasabah secara fluktuatif setiap tahunnya, mengharuskan Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan meningkatkan strategi pemasaran yang tepat dan inovatif, sehingga dapat mencapai tujuan pemasaran sesuai dengan prinsip syariah. Sehingga upaya, dukungan dan strategi yang tepat sangat dibutuhkan agar tetap dapat menjalankan bisnisnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran pembiayaan KPR bersubsidi di PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah karyawan bagian frontliner PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan adalah melakukan segmentasi pasar, targetting dan positioning. Kendala yang dialami oleh Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan dalam memasarkan produk KPR bersubsidi FLPP diantaranya adalah Munculnya beberapa bank pesaing seperti Bank BRI dan Bank BTN, Proses FLPP memakan cost atau biaya yang lumayan besar dan menghabiskan waktu yang cukup banyak, Lokasi perumahan KPR bersubsidi biasanya cenderung jauh dari pusat kota, sehingga kebanyakan nasabah merasa kurang tertarik. Sedangkan solusi yang dilakukan adalah dengan cara melakukan promosi dengan bersosialisasi ke sekolah-sekolah dan kantor-kantor kedinasan demi meningkatkan nasabah pembiayaan FLPP, Melakukan strategi word of mouth, Melakukan promosi melalui sosial media seperti facebook dan instagram, Melakukan strategi cross selling yaitu strategi yang dilakukan dengan cara menawarkan produk KPR bersubsidi kepada nasabah yang memang sudah mengguanakan produk maupun jasa bank syariah sebelumnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Arbanur Rasyid, M.A dan Adanan Murroh Nasution, M.A
Keywords: Strategi pemasaran; KPR Bersubsidi FLPP
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Mar 2025 04:44
Last Modified: 10 Mar 2025 07:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11658

Actions (login required)

View Item View Item