Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh keunggulan produk dan penerapan nilai Islam terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua

Harahap, Nurul Arfinda Sari (2024) Pengaruh keunggulan produk dan penerapan nilai Islam terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100165.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana pertumbuhan bank syariah yang masih kecil pada BSI Kcp Gunung Tua serta penerapan nilai Islam pada bank syariah tidak diterapkan dengan cukup baik sehinga mempengaruhi kepuasan nasabah BSI. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh keunggulan produk dan penerapan nilai islam terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia Kcp Gunung Tua. Landasan teori dalam penelitian ini berkaitan dengan teori kepuasan nasabah, teori keunggulan produk dan teori penerapan nilai Islam. Pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kepuasan nasabah, teori keunggulan produk dan teori penerapan nilai Islam. Metode di dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, sumber data yang digunakan data primer, tekhnik pengumpulan datanya adalah angket/kuesioner, Jumlah sampel 96 sampel. analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat persamaan regresi linear berganda yang menunjukkan hubungan antara variabel Keunggulan Produk dan Penerapan Nilai Islam dengan Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia Kcp Gunung Tua. Sebagian besar variasi dalam keputusan nasabah dapat dijelaskan oleh kedua variabel keunggulan produk dan penerapan nilai Islam. Secara parsial, variabel keunggulan produk terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sementara itu, variabel penerapan nilai Islam juga memengaruhi kepuasan nasabah secara parsial. Kedua variabel, yaitu keunggulan produk dan penerapan nilai Islam secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Dimana hal ini menunjukkan bahwa gabungan variabel tersebut secara bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia Kcp Gunung Tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A dan Indah Permatasari Siregar, M.Si
Keywords: Kepuasan nasabah; Keunggulan produk; Penerapan nilai Islam
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:35
Last Modified: 25 Sep 2024 04:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10946

Actions (login required)

View Item View Item