Hasibuan, Insi Luftiah (2023) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam penggunaan m-banking syariah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940100022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Mobile banking dapat mempermudah berbagai transaksi dan juga menghemat waktu. Nasabah tidak perlu datang ke bank sekedar hanya ingin bertransaksi seperti transfer, cek saldo dan lain-lain. Adanya mobile banking dirancang untuk memudahkan masyarakat sebagai pengguna. Namun, masyarakat yang bertransaksi melalui mobile banking masih minim menggunakan m-banking tersebut. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap penggunaan mobile banking serta kecemasan akan penggunaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan terhadap minat masyarakat dalam menggunakan M-banking syariah, untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan terhadap minat masyarakat dalam menggunakan mobile banking syariah dan untuk mengetahui pengaruh persepsi kredibilitas terhadap minat menggunakan m-banking syariah.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer sebanyak 100 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket/kuesioner, wawancara dan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan,uji validitas, uji reliabilitas, uji simultan (uji F), uji parsial (uji t), uji koefisien determinasi (R2) dan data di olah menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 23. Hasil penelitian secara parsial uji t menunjukkan bahwa variabel pengetahuan memiliki thitung < ttabel (7.408 > 1.66088), pengetahuan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menggunakan, persepsi kemudahan memiliki memiliki thitung < ttabel (4.753 < 1.66088), artinya persepsi kemudahan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menggunakan, persepsi kredibilitas memiliki thitung < ttabel (6.414 < 1.66088), artinya persepsi kredibilitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menggunakan. Hasil penelitian secara simultan (uji F) menyatakan bahwa pengetahuan, persepsi kemudahan dan persepsi kredibilitas memiliki memiliki Fhitung > Ftabel yaitu (376.487 > 2.14), artinya pengetahuan, persepsi kemudahan dan persepsi krdibilitas secara simultan memiliki pengaruh terhadap minat mengggunakan m-banking syariah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Sarmiana Batubara, M.A dan Sry Lestari, S.H.I., M.E.I |
Keywords: | Pengetahuan; Persepsi kemudahan; Persepsi kredibilitas; Minat; M-banking; Bank syariah |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 03:57 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 03:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10133 |
Actions (login required)
View Item |