Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah produk murabahah pada PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan

Fadli, Shakila (2024) Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah produk murabahah pada PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040100084.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Dalam penelitian ini jumlah nasabah produk pembiayaan meningkat setiap tahunnya dan perlunya di analisis strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan dalam meningkatkan jumlah nasabah produk pembiayaan murabahah, kemudian berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti kepada pimpinan seksi pembiayaan PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan bahwasannya strategi yang diterapkan oleh Bank Sumut Syariah Cabang Padangsidimpuan yaitu dengan bauran pemasaran (marketing mix) 7P. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah dan cara terbaik untuk memperkenalkan produk pembiayaan murabahah serta keunggulan yang ditonjolkan produk pembiayaan murabahah PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 1 pimpinan seksi pembiayaan dan 1 karyawan marketing PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan dan nasabah sebanyak 3 orang, Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah penerapan strategi pemasaran yang digunakan oleh PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan dengan bauran pemasaran (marketing mix) yaitu penerapan strategi produk, pihak Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan menyediakan beraneka ragam produk pembiayaan murabahah seperti produk pembiayaan murabahah modal kerja, konsumtif, investasi dan pembiayaan murabahah multiguna, penerapan startegi harga dengan margin yang telah ditentukan, penerapan strategi promosi yaitu dengan periklanan seperti membagikan brosur kepada masyarakat, memasang spanduk, dan melakukan personal selling kepada calon nasabah, cara terbaik untuk memperkenalkan produk pembiayaan murabahah adalah dengan membagikan brosur dan memberikan penjelasan kepada nasabah tentang produk pembiayaan murabahah dan melakukan sosialisasi-sosialisasi ke berbagai instansi-instansi dan dinas-dinas, dan keunggulan yang ditonjolkan dari produk pembiayaan murabahah oleh PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan adalah bebas biaya administrasi dan mendapatkan promo berhadiah pada setiap periode akhir bulan serta melakukan pencairan dengan cepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd dan Samsuddin Muhammad, S.E., M.Si
Keywords: Strategi pemasaran; Produk murabahah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012703 al-Murabahah
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Rita Fitri Tinambunan
Date Deposited: 25 Mar 2025 03:55
Last Modified: 25 Mar 2025 03:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11728

Actions (login required)

View Item View Item