Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk menggunakan Muamalat DIN (Digital Islamic Network) di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, KCU Padangsidimpuan

Siregar, Siti Sari Dina (2023) Strategi pemasaran produk menggunakan Muamalat DIN (Digital Islamic Network) di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, KCU Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena sudah adanya Muamalat DIN (Digital Islamic Network) di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk KCU Padangsidimpuan. Persaingan antara lembaga keuangan syariah yang pada masa ini sangat ketat dalam merebutkan persaingan pasar. Sejalan hal ini Bank Muamalat Padangsdimpuan harus bisa menentukan strategi pemasaran dengan menentukan apa saja keinginan dan kebutuhan yang diperlukan nasabahnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk menggunakan Muamalat DIN (Digital Islamic Network) di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk KCU Padangsidimpuan dan apa saja kendala yang dihadapi Bank Muamalat Indonesia Tbk KCU Padangsidimpuan dalam strategi pemasaran produk menggunakan Muamalat DIN (Digital Islamic Network). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk menggunakan Muamalat DIN (Digital Islamic Network) di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk KCU Padangsidimpuan. untuk mengetahui kendala yang dihadapi Bank Muamalat Indonesia Tbk KCU Padangsidimpuan dalam strategi pemasaran produk menggunakan Muamalat DIN (Digital Islamic Network). Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran produk menggunakan Muamalat DIN (Digital Islamic Network), sehubung dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan strategi pemasaran yang membahas tentang pengertian strategi, pemasaran, dan produk menggunakan Muamalat DIN (Digital Islamic Network). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah 2 orang karyawan dan 4 orang nasabah. Teknik pengumpulan data diproleh dari observasi, wawancara, dokumentasi. Sementara teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk menggunakan Muamalat DIN (Digital Islamic Network) di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk KCU Padangsidimpuan dengan cara mendatangi yayasan-yayasan dan masyarakat atau calon nasabah dengan melakukan sosialisasi secara langsung untuk memperkenalkan produk dan jasa yang ada pada Bank Muamalat Indonesia Tbk KCU Pangsidimpaun. Kendala dalam melakukan strategi pemasaran dari faktor internal adalah kurangnya kantor cabang dan kru dalam strategi pemasaran sedangkan faktor eksternal kurangnya minat nasabah dalam menggunakannya kareana faktor usia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan Samsuddin Muhammad, S.E., M.Si
Keywords: Strategi; Pemasaran; Muamalat DIN
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:31
Last Modified: 18 Dec 2023 06:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9979

Actions (login required)

View Item View Item