Sari, Irma (2023) Determinan umat non muslim dalam menggunakan jasa bank syariah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840100239.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan perbankan syariah di Indonesia telah menjadi tolak ukur keberhasilan eksistensi ekonomi syariah. Seiring dengan perkembangan zaman bank syariah mempunyai banyak keunggulan karena tidak hanya berdasarkan pada syariah saja sehingga transaksi dan aktivitasnya menjadi halal, tetapi sifatnya terbuka dan tidak mengkhususkan diri bagi nasabah muslim saja, tetapi juga bagi non muslim. Berdasarkan hasil observasi peneliti kepada beberapa nasabah non muslim berpendapat keuntungan bagi hasil di bank sumut cabang pembantu syariah rantauprapat lebih besar dibanding dengan bank konvensional. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini, apakah terdapat pengaruh pelayanan, profit, dan promosi terhadap keputusan umat non muslim dalam menggunakan jasa bank syariah. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelayanan, profit, dan promosi terhadap keputusan umat non muslim menggunakan jasa bank syariah. Teori dalam penelitian ini adalah bank syariah, produk dan jasa bank syariah, faktor yang mempengaruhi umat non muslim menggunakan jasa bank syariah yang terdiri dari pelayanan, profit dan promosi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket dengan jumlah populasi 3085 nasabah non muslim dan sampel sejumlah 97 nasabah non muslim. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS Versi 26. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji analisis regresi linear berganda, uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji t bahwa variabel pelayanan tidak mempunyai pengaruh secara parsial terhadap keputusan non muslim menggunakan jasa bank sumut cabang pembantu syariah rantauprapat. Sedangkan variabel profit dan promosi mempunyai pengaruh secara parsial terhadap keputusan non muslim menggunakan jasa bank sumut cabang pembantu syariah rantauprapat. Berdasrakan uji f dapat diketahui secara simultan variabel pelayanan, profit dan promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan non muslim menggunakan jasa bank sumut cabang pembantu syariah rantauprapat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nofinawati, S.E.I., M.A dan Muhammad Wandisyah R. Hutagalung, M.E |
Keywords: | Pelayanan; Profit; Promosi; Keputusan nasabah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 06:53 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 06:53 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9866 |
Actions (login required)
View Item |