Nadila, Nadila (2023) Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada materi sumber daya alam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas IV SD Negeri 200512 Salambue Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500163.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Hal ini disebabkan karna model pembelajaran yang diterapkan belum optimal dan siswa kurang tertarik dengan proses pembelajaran. Maka, perlu adanya perubahan pelaksanaan pembelajaran di kelas melalui penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkahkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 200512 Salambue Padangsidimpuan Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan pada tahap perencanaan, tindakan, observasi da refleksi di SD Negeri 200512 Salambue Padangsidimpuan Tenggara. Subyek penelitian ini adalah 22 siswa kelas IV, 11 laki-laki dan 11 perempuan. Pengujian, wawancara, observasi dan dokumentasi berfungsi sebagai alat instrument. Dari hasil analisis data peneliti menemukan persentasi yang meningkat dari pre-test yang rata-rata skor siswa 49% menjadi skor rata-rata nilai siswa 53% sebesar 18% (4 dari 22 siswa). pada siklus I pertemuan II rata-rata nilai siswa 58% dan ketuntasan siswa 31% (7 dari 22 siswa). Nilai siklus II pertemuan I rata-rata nilai siswa 80% dan ketuntasan siswa 68% (15 dari 22 siswa). sedangkan pada siklus II pertemuan II rata-rata nilai siswa 88% dan ketuntasan belajar 90% (20 dari 22 siswa). Hasil skor yang dicapai dalam peelitian ini sudah mencapai indikator.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Rahmadani Tanjung, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar; Model Auditory Intellectually Repetition (AIR); Ilmu pengetahuan sosial |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 05:10 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 05:10 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9802 |
Actions (login required)
View Item |