Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan media video di Kelas IV SD Negeri 102010 Lingkung Dolok Hutaraja Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Padang Lawas Utara

Harahap, Nur Jannah (2023) Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan media video di Kelas IV SD Negeri 102010 Lingkung Dolok Hutaraja Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500125.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 102010 Lingkung Dolok Hutaraja. Salah satu penyebabnya adalah kurannya kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran khususnya media video. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media video pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 102010 Lingkung Dolok Hutaraja?, dan apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan media video di kelas IV SD Negeri 102010 Lingkung Dolok Hutaraja?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media video pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 102010 Lingkung Dolok Hutaraja dalam mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan media video di kelas IV SD Negeri 102010 Lingkung i Dolok Hutaraja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Clasroom Action Research (CAR) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi observasi dan tahap refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pelajaran, mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran, membangkitkan minat atau ketertarikan siswa dalam menegikuti proses pembelajaran dan menjadikan suasana kelas menjadi lebih menyenangkan serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran temati. Pada siklus I pertemuan I nilai hasil tes atau nilai rata-rata kelas adalah 57,5 dengan persentase ketuntasan 20% dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 65,5 dengan persentase ketuntasan 45% dan pada siklus II Pertemuan I nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 74,5 dengan persentase ketuntasan 65% dan pada pertemuan II meningkat menjadi 82,5 dengan persentase ketuntasan 85%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi
Keywords: Hasil belajar; Pembelajaran tematik; Media video
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 23 Nov 2023 04:05
Last Modified: 23 Nov 2023 04:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9798

Actions (login required)

View Item View Item