Siregar, Wardiah Husna (2023) Keterampilan guru dalam mengoptimalkan pengelolaan kelas pada proses pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 200205 Aek Tampang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500144.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengelola kelas, jenis penelitian ini adalah kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis maupun lisan dari perilaku orang yang diamati. Adapun subyek penelitian ini adalah Guru kelas 1-6 Sekolah Dasar Negeri 200205 Aek Tampang . Pengelolaan kelas terdiri dari dua kata, pengelolaan dan kelas, pengelolaan diambil dari akar kata “kelola” yang diberi awalan “pe” dan akhiran “an” berarti pengelolaan adalah pengaturan dan penataan kegiatan. Kelas adalah tempat untuk memperoleh transformasi ilmu pengetahuan begi siswa yang berlangsung secara kondusif, dialogis, dan menyenangkan. Fokus penelitian ini berdasarkan latar belakang yang sudah diuaraikan, adapun aspek-aspek yang menjadi fokus penelitian ini adalah, bagaimana guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bagaimana keterampilan guru dalam pelaksanaan pembelajaran, bagaimana keterampilan guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran, dan keterampilan guru untuk menindak lanjuti pembelajaran. Metodologi penelitian ini mencakup, lokasi dan waktu penelitian yaitu yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 200205 Aek Tampang Padangsidimpuan Selatan yang dimulai pada bulan Oktober 2022- Mei 2023, jenisdan metode penelitian ini adalah Kualitatif, sumber data dari penelitian ini adalah data primer yaitu guru kelas dan data sekunder yaitu siswa/siswi, instrumen pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam mengelola kelas dapat dilakukan dengan selalu membiasakan siswa untuk selalu disiplin, rapi dan disiplin dalam segala hal, ruang kelas dengan berbagai dekorasi sehingga kelas terasa nyaman dan indah serta memiliki keterampilan yang baik dalam membuka dan menutup pembelajaran, menjelaskan materi pembelajaran, memberikan penguatan dan membimbing diskusi kelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I |
Keywords: | Keterampilan guru; Proses pembelajaran; Pengelolaan kelas |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 08:57 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 08:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9752 |
Actions (login required)
View Item |