Hasibuan, Asma Rito (2023) Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 101740 Simangambat Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500159.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya kemampuan dalam menuangkan kalimat dalam keterampilan menulis cerita. Hal tersebut disebabkan oleh faktor kurang efektif dalam menggunakan media sebagai alat pendukung pembelajaran. Sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Hal ini mengakibatkan rendahnya keterampilan menulis cerita siswa. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut. Rumusan masalah nya adalah apakah dengan penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri 101740 Simangambat Padang Lawas Utara, dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap penggunaan media gambar seri dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III SD Negeri 01740 Simangambat Padang Lawas Utara. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah PTK(Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah kelas III SD Negeri 101740 Simangambat yang terdiri dari 20 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tes awal persentase ketuntasan belajar sebesar 25%(5 dari 20 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 60,75, siklus I pertemuan I persentase ketuntasan belajar sebesar 35% (7 dari 20 siswa) dengan nilai raata-rata kelas yaitu 65,75, siklus I pertemuan II persentase ketuntasan belajar sebesar 50% (7 dari 20 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 72. Siklus II pertemuan I persentase ketuntasan belajar sebesar 70%(14 dari 20 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 77,75, siklus II pertemuan II persentase ketuntasan belajar sebesar 90%(18 dari 20 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 85,25. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa di kelas III SD Negeri 101740 Simangambat Padang Lawas Utara. Untuk itu disarankan pda guru untuk menggunakan media pembelajaran ini untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd |
Keywords: | Media gambar seri; Keterampilan menulis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 09:00 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 09:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9706 |
Actions (login required)
View Item |