Suaiban, Suaiban (2023) Pengaruh kualitas layanan kepuasan dan kepercayaan penggunaan mobile banking bank syariah pada mahasiswa FEBI UIN Syahada Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1640100275.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Mobile banking telah menjadi salah satu inovasi penting dalam sektor perbankan yang memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan perbankan melalui perangkat mobile. Bank syariah sebagai lembaga perbankan yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah juga telah mengadopsi mobile banking untuk meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan bagi para nasabahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan dan kepercayaan mahasiswa dalam menggunakan mobile banking bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kualitas layanan, kepuasan, dan kepercayaan terhadap keputusan mahasiswa FEBI UIN Syahada Padangsidempuan dalam menggunakan jasa Bank Syariah melalui mobile banking. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian explanatory research. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa FEBI UIN Syahada Padangsidimpuan angkatan 2019 dengan total populasi sebanyak 443 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert untuk mengukur variabel kualitas layanan, kepuasan, kepercayaan, dan keputusan penggunaan mobile banking. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heteroskedastisitas), serta analisis regresi linear berganda dengan bantuan program IBM SPSS Statistics versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas layanan mobile banking memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam menggunakan jasa Bank Syariah. (2) kepuasan layanan mobile banking juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa. (3) kepercayaan layanan mobile banking tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan mahasiswa.(4) Secara bersama-sama, variabel kualitas layanan, kepuasan, dan kepercayaan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam menggunakan jasa Bank Syariah melalui mobile banking. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh Bank Syariah untuk meningkatkan kualitas layanan, memperbaiki kepuasan pengguna, dan membangun kepercayaan mahasiswa sebagai pengguna mobile banking.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Windari, S.E., M.A dan H. Ali Hardana, S.Pd., M.Si |
Keywords: | Bank syariah; Kepuasan; Kualitas layanan; Mobile banking |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Nov 2023 04:52 |
Last Modified: | 11 Nov 2023 04:52 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9695 |
Actions (login required)
View Item |