Wahid, Ibrahim (2023) Faktor-faktor yang memengaruhi minat menggunakan KPR dengan akad musyarakah mutanaqishah (studi kasus Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Panyabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840100261.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
PT. Bank Muamalat (Persero) merupakan salah satu bank yang memiliki keunggulan dalam produk kredit yang salah satunya adalah Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang terbagi atas empat akad yakni akad Murabahah, akad Musyarakah Mutanaqishah, akad Istishna, dan akad Ijarah Mutahhiyah Bit Tamlik (IMBT). Bank Syariah memiliki prinsip bagi hasil yang berlandaskan Al-Quran dan hadist. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah promosi, dan prosedur pembiayaan berpengaruh terhadap minat menggunakan KPR. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara promosi, dan prosedur pembiayaan terhadap minat menggunaan KPR dengan akad musyarakah mutanaqishah. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ilmu perbankan syariah, teori yang digunakan berkaitan dengan akad pada bank syariah, dan ilmu manajemen, pembahasan yang membahas tentang minat dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis uji regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dengan jumlah sampel 55 orang dengan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Sampel Jenuh. Sumber data yang digunakan ialah data primer dan data skunder, teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan angket/kuesioner. Analisis data yang digunakan uji validas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 26. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa promosi dan prosedur pembiayaan berpengaruh terhadap minat menggunakan KPR. Sedangkan prosedur pembiayaan tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan KPR. Dilihat dengan uji F promosi, dan prosedur pembiayaan berpengaruh secara simultan terhadap minat menggunakan KPR dengan akad musyarakah mutanaqishah di Bank Muamalat Indonesia KCP Panyabungan dengan menggunakan besaran pengaruhnya sebesar 96,4 persen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nofinawati, M.A dan Zulaika Matondang, S.Pd., M.Si |
Keywords: | Minat; Promosi; Prosedur pembiayaan |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 03:26 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 03:26 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9679 |
Actions (login required)
View Item |