Siregar, Lanna Sari (2023) Pengaruh penerapan blended learning dan penguasaan teknologi informasi guru terhadap minat belajar kelompok ilmu pendidikan agama Islam siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Panyabungan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1923100282.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latarbelakang penelitian ini adalah minat belajar kelompok ilmu Pendidikan Agama Islam siswa. Secara teori salah satu perkembangan minat belajar siswa dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari dalam diri siswa. Begitupun perkembangan minat belajar kelompok ilmu Pendidikan Agama Islam yang diharapkan oleh para guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Panyabungan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan blended learning, penguasaan teknologi informasi guru serta pengaruh keduanya terhadap minat belajar kelompok ilmu Pendidikan Agama Islam, kemudian perbedaan hasil belajar berdasarkan penerapan blended learning dan berdasarakan penguasaan teknologi informasi guru. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Panyabungan yang berjumlah 1186 orang. Sampel penelitian berjumalh 119 orang. Hasil penelitian diketahui bahwa ada korelasi antara Penerapan blended learning (X1) dengan minat belajar kelompok Ilmu Pendidikan Agama Islam siswa. diperoleh nilai rhitung > rtabel yaitu 0,993 > 0,1801 dengan taraf signifikansi 5%. sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. R2 sebesar 0,98 = 98,7%. Persamaan regresinya adalah Ŷ = 6,676 + 0,998X, nilai Fhitung (8602.931) > Ftabel (3,92), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Diketahui bahwa ada korelasi antara penguasaan teknologi informasi guru (X2) dengan minat belajar kelompok Ilmu Pendidikan Agama Islam (Y), diperoleh nilai rhitung > rtabel yaitu 0,957 > 0,1801 dengan taraf signifikansi 5%, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. R2 sebesar 0,916 = 91,6%. Persamaan regresinya adalah Ŷ = 16,346 + 1,104 X, nilai Fhitung (1276,217) > Ftabel (3,92), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan korelasi ganda menunjukkan bahwa Ŷ = 6,652 + 0,898 X1 + 0,120X2, nilai Fhitung (4602,149) > Ftabel (3,92), maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan nilai signifikansi 5%. R2 = 0,9942 = 0,988 = 98,8%. Untuk uji t dan signifikansi perbedaan minat belajar siswa berdasarkan penerapan blended learning diperoleh thitung 128,977 > ttabel 1,657. Sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak Ha diterima. dan berdasarkan penguasaan teknologi informasi guru diperoleh thitung 123,306 > ttabel 1,657, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak Ha diterima. Dengan taraf signifikansi adalah 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Magdalena, M.Ag dan Dr. Lelya Hilda, M.Si |
Keywords: | Blended learning; Penguasaan teknologi informasi; Minat belajar; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 07:43 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 07:59 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9588 |
Actions (login required)
View Item |