Hariyani, Evi Kartika (2023) Analisis persepsi masyarakat terhadap penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) sebagai alat pembayaran digital. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840100021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) merupakan standar pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet elektronik, atau mobile banking. Adanya QRIS ini agar pembayaran digital menjadi lebih mudah bagi masyarakat dan dapat diawasi oleh regulator satu pintu karena telah berstandar. Masyarakat Kota Padangsidimpuan terutama di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan belum banyak menggunakan QRIS sebagai alat pembayaran digital atau transaksi non tunai, padahal UMKM telah banyak menyediakan pembayaran melalui QRIS. Data UMKM yang menggunakan QRIS sebagai alat pembayaran digital dalam hal ini adalah Ondo Bakery, Thai Tea, Bolu Salak, HTM, Iga Bakar, Grosir Vita, Andi Komputer, Swalayan Aman, Sada Warkop, View Point Café, Matata Café, Sentra Pie, Lopo Mandailing, Lampion Café, Five & Co Café, dan KCF. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat Kecamatan Padangsidimpuan Selatan terhadap penggunaan QRIS. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Alat Pembayaran Digital yang terdiri dari pengertian persepsi, faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi, proses terbentuknya persepsi, sistem pembayaran, sistem pembayaran digital dan pengertian Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan yang terdiri dari 10 informan dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi, sedangkan sumber data yang digunakan adalah primer dan skunder. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi masyarakat di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan menyatakan bahwa mereka mengetahui sistem pembayaran QRIS karena informasi mengenai sistem QRIS mudah didapatkan, mudah dipelajari dan dipahami, hal tersebut membuat informan berminat untuk menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran pada masa sekarang, selain itu banyaknya aplikasi pembayaran yang terhubung dengan QRIS juga membuat minat pengguna semakin meningkat karena merasa lebih mudah. Persepsi masyarakat terhadap penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai alat pembayaran digital sejauh ini sangat baik karena banyak yg sudah mengetahui tentang QRIS dan sudah banyak juga yg sudah menggunakannya, dengan adanya QRIS dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi untuk sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Arbanur Rasyid, M.A. dan Adanan Murroh Nasution, M.A. |
Keywords: | Persepsi; QRIS; Pembayaran digital |
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 01:42 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 01:42 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9581 |
Actions (login required)
View Item |