Harahap, Tuti Alawiyah (2023) Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran inkuiri pada siswa Kelas IV SD Negeri 101160 Bahal Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720500119.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar IPS siswa pada muatan keragaman budaya menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Hal ini dikarenakan masih banyak siswa yang kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran serta kesulitan menjawab pertanyaan dari pengajar. Oleh karena itu peneliti berpendapat bahwa dengan menggunakan model inkuiri dapat memberikan hasil yang lebih baik. menguasai IPS. Dengan memanfaatkan media gambar berupa poster untuk siswa kelas IV SDN 101660, tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar metode inkuiri pada bidang ilmu sosial. SDN 101660 Bahal dengan total 14 orang. Tes, observasi serta dokumentasi merupakan metode pengumpulan data, sedangkan soal tes, lembar observasi serta dokumen merupakan instrumen pengumpulan data. Metode analisis data yang digunakan adalah kuantitatif serta deskriptif. Tes tersebut dipilih untuk kelas II berdasarkan kriteria seleksi yang ketat, dan terdapat 12 siswa yang mendapatkan KKM dengan nilai numerik 85. Sebanyak delapan siswa yang mengikuti KKM dengan nilai 80 pada Seksi I. Berikut ini adalah daftar alasan mengapa kemungkinan tindakan kelas harus dipertimbangkan: Penggunaan metode inkuiri dapat digunakan untuk menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam IPS. Terdapat selisih sebesar 57,14 persen antara kelas satu dan dua atau 85,57 persen, dan selisih sebesar 28,57 persen antara kelas satu dan dua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd dan Hj. Hamidah, M.Pd |
Keywords: | Metode pembelajaran inkuiri; Pembelajaran ilmu pengetahuan sosial |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 03:38 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 03:38 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9526 |
Actions (login required)
View Item |