Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan dan biaya administrasi terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan

Windari, Aprilla (2023) Pengaruh kualitas pelayanan dan biaya administrasi terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Kualitas pelayanan yang sangat berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, sebab jika kualitas pelayanan yang diberikan tidak baik maka nasabah belum merasa puas. Faktor lain yang dapat mempengaruhi kepuasan nasabah juga dapat di lihat dari penerapan biaya administrasi, yang belum sesuai dengan fasilitas yang diterima nasabah. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah kualitas pelayanan dan biaya administrasi berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat KCU Padangsidimpuan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan dan biaya administrasi bepengaruh secara simultan dan parsial terhadap kepuasan nasabah. Kepuasan nasabah adalah respon nasabah terhadap evaluasi ketidaksesuaian yang dirasakan, seperti dalam pelayanan yang diberikan. Pengukur kepuasan nasabah yaitu sistem keluhan, survei kepuasan nasabah. kualitas pelayanan adalah memenuhi kebutuhan dan persyaratan serta ketepatan waktu untuk memenuhi harapan nasabah. indikator kualitas pelayanan yaitu bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empaty. Biaya administrasi adalah biaya yang dikeluarkan untuk keperluan operasional suatu perusahaan. Jenis penelitin ini menggunakan metode penelitian survei yaitu suatu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi yang menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 98 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penyembaran angket. Teknik analisis penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedasitas, uji analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini yaitu kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan di Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan. Biaya administrasi berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan. Kualitas pelayanan dan biaya administrasi berpengaruh simultan terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A dan Samsuddin Muhammad, S.E., M.Si
Keywords: Kualitas pelayanan; Biaya administrasi; Kepuasan nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Oct 2023 08:41
Last Modified: 16 Oct 2023 08:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9501

Actions (login required)

View Item View Item