Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pelayanan mobile banking terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan sebagai variabel intervening di Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan

Siregar, Pangulu Perkasa Sakti (2023) Pengaruh pelayanan mobile banking terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan sebagai variabel intervening di Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan layanan mobile banking yang masih kurang mendominasi dalam kalangan masyarakat/nasabah sehingga nasabah tidak loyal terhadap bank syariah indonesia. Hal ini di tunjukkan dengan hasil wawancara dengan beberapa nasabah mereka mengatakan bahwa tidak semua nasabah bisa menggunakan layanan mobile banking dikarenakan tidak bisa menggunkan smartphone dan tidak semua daerah dapat menggunkan layanan jaringan sehingga mereka lebih dominan memilih ATM sebagai alat transaksi di Bank syariah Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pelayanan mobile banking terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan, apakah ada pengaruh pelayanan mobile banking terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan, apakah ada pengaruh kepuasan terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Indonesia KC Padangdisimpuan, apakah ada pengaruh pelayanan mobile banking terhadap loyalitas nasabah dan kepuasan sebagai variabel intervening di Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan teori perbankan syariah, pengaruh pelayanan mobile banking terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan sebagai variabel intervening di Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf. Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 99 responden. Metode pengambilan sampel yang dipilih berdasarkan metode rumus slovin. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil angket dan observasi analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji multikolinieritas dan heteroskedastisitas), uji hipotesis (uji R, uji t, dan F), uji regresi linear berganda dan Uji Analisis Jalur (Path Analysis) dengan menggunakan bantuan perhitungan statistik SPSS versi 26. Hasil uji t menunjukkan bahwa pelayanan mobile banking berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, pelayanan mobile banking berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, loyalitas nasabah berpengaruh terhadap kepuasan sebagai variabel intervening. Kemudian hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan pelayanan mobile banking terhadap loyalitas nasabah berpengaruh terhadap kepuasan sebagai variabel intervening di bank syariah indonesia KC Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdul Nasser Hasibuan, S.E., M.Si. dan H. Ali Hardana, S.Pd., M.Si
Keywords: Kepuasan; Loyalitas nasabah; Pelayanan mobile banking
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:53
Last Modified: 12 Oct 2023 02:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9480

Actions (login required)

View Item View Item