Nasution, Alfy Syahrin (2022) Determinan kepuasan mahasiswa menggunakan mobile banking (studi kasus di Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1740100161.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Pada zaman seperti sekarang ini, perkembangan teknologi semakin meningkat. Teknologi hadir dengan tujuan untuk mempermudah kehidupan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Keberadaan teknologi mempercepat segala bentuk transaksi dengan lebih efisien, efektif bahkan tanpa batas. Perkembangan teknologi yang pesat telah mempengaruhi lembaga yang bergerak dalam bidang keuangan seperti industri perbankan, salah satu bentuk kemajuan teknologi ini diwujudkan dalam pengembangan sistem pelayanan terhadap nasabah dalam bentuk electronic banking atau dikenal dengan sebutan e-banking. E-banking dapat diartikan sebagai aktifitas perbankan di internet. Kepuasan nasabah merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan antara manfaat dari produk yang digunakan sesuai dengan yang diharapkan. Adanya berbagi kemudahan layanan yang diberikan bank, diharapkan nasabah merasa puas dalam menggunakan berbagai macam jasa yang diberikan bank terutama pada aplikasi layanan mobile banking, karena pada dasarnya layanan mobile banking ini diberikan pihak bank ke nasabah dalah dengan tujuan untuk mempermudah nasabah dalam bertransaksi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis uji regresi linear berganda. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan angket dengan jumlah sampel 45 nasabah dengan tekhnik pengambilan sampel jenuh. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti, terdapat pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat dilihat dari uji (R Square). Hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa persepsi kemanfaatan tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah memilih menggunakan mobile banking. Kemudahan Penggunaan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah menggunakan mobile banking. Dilihat dengan uji F kemudahan penggunaan dan persepsi kemanfaatan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Arti Damisa, S.H.I., M.E.I. |
Keywords: | Kemudahan penggunaan; Keputusan nasabah; Persepsi kemanfaatan |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 04:23 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 04:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9210 |
Actions (login required)
View Item |