Yolanda, Okta (2022) Analisis persepsi dan harapan nasabah pada bank syariah (studi kasus Dosen FEBI UIN SYAHADA Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1740100270.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena persepsi masyarakat masih jauh dari harapan yang diinginkan, karena masih banyak masyarakat yang menganggap perbankan syariah dan konvensional sama saja tanpa ada perbedaan sama sekali, selain itu dari segi fasilitas ATM perbankan syariah masih sangat minim dibandingkan dengan bank konvensinal fasilitas ATM nya sudah banyak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi Dosen FEBI UIN Padangsidimpuan terhadap keberadaan bank syariah, bagaimana persepsi Dosen FEBI UIN Padangsidimpuan tentang kualitas pelayanan, fasilitas, dan produk yang ditawarkan bank syariah dan apa saja harapan Dosen FEBI UIN Padangsidimpuan terhadap bank syariah kedepannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi Dosen FEBI UIN Padangsidimpuan terhadap bank syariah, untuk mengetahui apakah pelayanan, fasilitas, produk yang ada di bank syariah sudah sesuai dengan yang diharapkan Dosen FEBI UIN Padangsidimpuan dan untuk mengetahui apa saja harapan Dosen FEBI UIN Padangsidimpuan terhadap bank syariah kedepannya. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan antrian persepsi dan harapan nasabah, sehubung dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan analisis dan persepsi nasabah yaitu membahas tentang persepsi, dan harapan Dosen FEBI UIN Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Dosen FEBI UIN Padangsidimpuan sebanyak 13 orang, subjek tersebut merupakan nasabah pada bank syariah, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan Persepsi Dosen FEBI UIN Padangsdimpuan adalah Bank syariah itu sudah bagus karna disini mereka lebih mengutamakan pembiayaan produk-produk yang halal, tapi dari segi Pelayanan yang dilakukan bank syariah khususnya di kota Padangsidimpuan kurang respon sehingga disini nasabah sangat kecewa, dan peneliti melihat menurut sebagaian dosen mereka kurang respon terhadap mahasiswa yang ingin magang di bank syariah, dan untuk segi ATM masih sangat minim dan susah di jangkau, Harapan Dosen UIN Padangsidimpuan mengenai bank syariah kedepannya agar bisa lebih baik lagi terutama dari segi pelayanan dan dari segi fasilitas seperti ATM Harus segera diperbanyak dan di ekspansi kedaerah daerah ataupun tingkat kecamatan pelosok-pelosok supaya lebih terjangkau dikalangan masyarakat. supaya masyarakat/nasabah amanah loyal terhadap bank syariah supaya menjauhkan persepsi masyarakat terhadap bank syariah yang mengatakan bank syariah sama dengan bank konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Delima Sari Lubis, M.A. dan Muhammad Wandisyah R. Hutagalung, M.E. |
Keywords: | Persepsi; Harapan; Nasabah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 08:17 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 08:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9043 |
Actions (login required)
View Item |