Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh sistem pembayaran tunai (cash) dan nontunai (cashless) terhadap kepuasan konsumen Indomaret Padangsidimpuan Utara

Zen, Adelisna (2022) Pengaruh sistem pembayaran tunai (cash) dan nontunai (cashless) terhadap kepuasan konsumen Indomaret Padangsidimpuan Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100294.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada konsumen Indomaret Padangsidimpuan Utara. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah konsumen Indomaret masih didominasi melakukan pembayaran secaran tunai jika dibandingkan pembayaaran secara nontunai. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen masih sering menggunakan sistem pembayaran secara tunai. Sedangkan pembayaran secara nontunai masih sedikit konsumen yang menggunakannya dikarenakan seringnya ada terjadi gangguan jaringan di Indomaret ketika ingin bertransaksi dan keterbatasan pengetahuan mengenai cara mengaplikasikannya karena berbasis elektronik yang semakin hari semakin canggih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pembayaran tunai (cash) dan nontunai (cashless) terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pembayaran tunai (cash) dan nontunai (cashless) terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial maupun simultan. Pembahasan pada penelitian ini adalah transaksi pembayaran, yaitu sistem pembayaran secara tunai (cash) dan sistem penbayaran secara nontunai (cashless). Kemudian pembahasan mengenai kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi dan angket dengan jumlah sampel 100 konsumen. Teknik analisis data dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedasitas, uji koefisien determinasi, uji analisis regresi linier berganda, uji secara parsial (uji t) dan uji secara simultan (uji F), pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh pembayaran tunai (cash) terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung < ttabel (0,318 < 1,984). Terdapat pengaruh pembayaran nontunai (cashless) terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung > ttabel (4,439 > 1,984). Dan terdapat pengaruh pembayaran tunai (cash) dan nontunai (cashless) secara simultan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai Fhitung > Ftabel (16,455 > 3,09).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Rukiah, S.E., M.Si. dan Sarmiana Batubara, M.A.
Keywords: Pembayaran tunai; Pembayaran nontunai; Kepuasan konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:44
Last Modified: 26 Jul 2023 04:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9008

Actions (login required)

View Item View Item