Eliani, Asmita (2022) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat Desa Bangkelang Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal menabung di bank syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1540100163.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Minat merupakan keinginan yang timbul dari dirim sendiri tanpa ada paksaan orang lain untuk mencapai suatau tujuan tertentu. Faktor pribadi merupakan cara mengumpulkan dan mengelompokkan kekonsistenan reaksi seorang individu terhadap situasi yang sedang terjadi. Faktor sosial adalah sekelompok orang yang mampu mempengaruhi individu dalam melakukan suatau tindakan berdasarkan kebiasaan. Promosi merupakan kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi kansumen agar merekan dapat menjadik kenal dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian merekan menjadi senang lalu membeli produk tersebut Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang Perbankan Syariah, sehingga pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teori faktor pribadi, faktor sosial, faktor promosi dan minat. Minat adalah proses rasa suka atau tenang dan rasa tertarik suatau objek atau aktivitas tanpa ada yang menyuruh atau biasanya ada kecenderungan untuk mencari objek yang disenangi tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitan kuantitatif, dan sumber datanya menggunakan data primer dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh sebanyak 38 orang. Teknik analisis data menggunakan teknik uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas, uji koefisien determinan, uji signifikan parsial, dan analisis regresi linear berganda. Pengolahan data menggunakan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan variabel pribadi,sosial dan promosi berpengaruh secara parsial terhadap minat menabung di bank syariah di desa Bangkelang Kecamatan Muarasoma Kabupaten Mandailing Natal. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis uji t menunjukkan bahwa variabel pribadi, sosial dan minat memiliki thitung>ttabel, maka Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh faktor pribadi, faktor sosial dan faktor promosi terhadap minat menabung di bank syariah di desa Bangkelang Kecamatan Muarasoma Kabupaten Mandailing Natal. Dan hasil penelitian variabel pribadi, sosial dan promosi tidak berpengaruh secara simultan terhadap minat, hal dibuktikan dengan melihat nilai Fhitung< Ftabel (5,817555>3.55) maka H0 diterima dan Ha ditolak, sehingga tidak terdapat pengaruh faktor pribadi, faktor sosial dan faktor promosi terhadap minat menabung di bank syariah di desa Bangkelang Kecamatan Muarasoma Kabupaten Mandailing Natal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Aswadi Lubis, S.E., M.Si. dan Sry Lestari, S.H.I., M.E.I. |
Keywords: | Minat; Pribadi; Sosial; Promosi |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 02:45 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 02:45 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8980 |
Actions (login required)
View Item |