Harahap, Rosanna Anriani (2022) Bentuk komunikasi antara guru dengan murid dalam proses pembelajaran IPA di Kelas III SDN 1106 Padang Garugur Kab. Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720500066.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang Masalah Penelitian ini adalah di dalam kelas III SDN 1106 Padang Garugur kab. Padang Lawas masih terdapat murid yang tidak mampu berkomunikasi dengan bahasa indonesia. Hal ini menyebabkan guru harus menerangkan pembelajaran dikelas menggunakan bahasa daerah sehingga bentuk komunikasi guru dengan murid dalam proses pembelajaran masih seperti itu saja, tidak ada perubahan dalam bentuk komunikasi antara guru dengan murid dalam proses pembelajaran tersebut. Secara pembelajaran guru melakukan komunikasi dengan lisan, tulisan dan simbol-simbol didalam proses pembelajaran IPA, supaya memudahkan murid memahami suatu pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa bentuk komunikasi dengan murid dalam proses pembelajaran IPA di kelas III SDN 1106 Padang Garugur Kab. Padang Lawas. Dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Tahap pertama penelitian ini adalah memahami dengan utuh pelaksanaan pembelajaran dalam bentuk komunikasi antara guru dengan murid dalam prose pembelajaran IPS, setelah itu menganalisis kategori kendala pelaksanaan pembelajaran IPA pada murid kelas III SDN 1106 Padang Garugur Kab. Padang Lawas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi di SDN 1106 Padang Garugur Kab. Padang Lawas. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa bentuk komunikasi guru dengan murid melakukan prose komunikasi di dalam kelas secara dua arah, dimana ketika guru memberikan pesan baik pesan informasi maupun pesan intruksi, murid-murid akan memberikan umpan balik kepada guru yang bersangkutan. Murid lebih berperan sebagai penerima pesan dan guru lebih berperan sebagai pengirim pesan. Bentuk komunikasi antara guru dengan murid dalam proses pembelajaran IPA (air sumber alternatif) pada dasarnya yang dihadapi pada bentuk komunikasi guru berpatoka dengan bentuk komunikasi verbal yang dimana ketika guru melakukan suatu pembelajaran, guru menjelaskan simbol-simbol sumber energi listrik tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd. dan Syafrilianto, M.Pd. |
Keywords: | Bentuk komunikasi guru dengan murid; Pembelajaran IPA; Murid di kelas iii |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 08:08 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 08:08 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8842 |
Actions (login required)
View Item |