Hasibuan, Irma Wahyuni (2022) Analisis pengaruh marketing mix terhadap minat nasabah memilih tabungan haji pada PT. Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1740100331.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi jumlah nasabah tabungan haji di Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua mengalami fluktuasi pada tahun 2019 sampai 2021. Dimana pada tahun 2019 jumlah nasabah meningkat sebanyak 413 nasabah. Pada tahun 2020 jumlah nasabah menurun menjadi 152 nasabah. Pada tahun 2021 jumlah nasabah menurun menjadi 142 nasabah. Berdasarkan hal tersebut Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua telah melakukan berbagai inovasi yang baik untuk meningkatkan jumlah nasabahnya, namun nasabah yang memilih tabungan haji masih mengalami fluktuasi yang cenderung berubah-ubah. Oleh karena itu perlu melakukan marketing mix untuk meningkatkan minat nasabah memilih tabungan haji. Rumusan dari penelitian ini apakah terdapat pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap minat nasabah tabungan haji pada PT. Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap minat nasabah memilih tabungan haji di Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua. Teori dalam Penelitian ini berkaitan dengan bauran pemasaran (marketing mix). Pendekatan yang dilakukan adalah teori tentang minat nasabah, teori produk, harga, lokasi dan promosi. Sumber data yang digunakan yaitu primer. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 59 responden. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrument (uji validitas, uji reliabilitas), uji asumsi klasik (multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas), uji regresi linear berganda, Uji hipotesis, (uji signifikasi persial(uji t), uji signifikasi silmultan(uji F) dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara parsial produk tidak pengaruh terhadap minat nasabah dengan nilai thitung<ttabel (-0,414 <1,297), kemudian secara parsial terdapat pengaruh harga terhadap minat nasabah dengan nilai thitung>ttabel (32,209<1,297), kemudian secara parsial terdapat pengaruh lokasi terhadap minat nasabah dengan nilai thitung>ttabel (-3,763>1,297), dan secara parsial tidak terdapat pengaruh promosi terhadap minat nasabah thitung<ttabel (0,284<1,297). Kemudian secara simultan terdapat pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap minat nasabah dengan signifikansi (uji F) dengan nilai Fhitung > Ftabel (136,525>3,38). Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) dapat diketahui bahwa 91,0% variabel produk, harga, lokasi dan promosi mampu mempengaruhi minat nasabah dan 9,0% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Rukiah, S.E., M.Si. dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I. |
Keywords: | Produk; Harga; Lokasi; Promosi; Minat nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 09:16 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 03:29 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8813 |
Actions (login required)
View Item |