Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Padangsidimpuan

Oktavia, Fadilah (2022) Pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 10 Padangsidimpuan masih kurang.yang disebabkan oleh penggunaan media teknologi yang belum maksimal serta ketidaksiapan guru serta siswa terhadap pendidikan online,karena perpindahan sistem belajar konvensional ke sistem online amat tiba- tiba, tanpa persiapan yang matang. Serta adanya perbedaan antara tuntutan pembelajaran yang baik berdasarkan standar pendidikan nasional dan kurikulum pendidikan agama islam SLTP tahun 1994 dengan hasil pengamatan dilapangan. Rumusan masalah penelitian ini adalah Adakah pengaruh yang signifikan antara pembelajaran online terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Padangsidimpuan. Sedangkan tujuannya untuk Untuk mengetahui pengaruh antara pembelajaran online terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Padangsidimpuan. Metodologi yang digunakan adalah metodologi penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan ex-post facto. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 66 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan metode clastered random sampling . Untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan instrumen angket dengan skala likert dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana, product moment dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Dengan membandingkan thitung dengan ttabel dimana pada penelitian ini thitung< ttabel atau 0,202< 1,669, oleh karena itu H0 diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian tidak ada pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran Online terhadap prestasi belajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Drs. H. Syafnan, M.Pd. dan Dwi Maulida Sari, M.Pd.
Keywords: Pembelajaran online; Prestasi belajar; Pendidikan agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Jun 2023 08:27
Last Modified: 05 Jun 2023 08:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8772

Actions (login required)

View Item View Item