Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas layanan, efisiensi dan fitur produk BSI Mobile terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia (studi kasus pada mahasiswa Prodi Perbankan Syariah)

Siregar, Citra Mardiana (2022) Pengaruh kualitas layanan, efisiensi dan fitur produk BSI Mobile terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia (studi kasus pada mahasiswa Prodi Perbankan Syariah). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100190.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Kepuasan nasabah menjadi prioritas utama untuk mempertahankan nasabah, sehingga bank dituntut untuk berinovasi memberikan layanan terbaik bagi nasabahnya. PT Bank Syariah Indonesia dengan mobile banking BSI yang bernama BSI Mobile ingin memberikan pelayanan terbaik dengan tujuan memberikan kepuasan kepada nasabahnya sebagai pengguna BSI Mobile. Namun setelah melakukan wawancara dengan mahasiswa Prodi Perbankan Syariah masih merasakan bahwa kualitas layanan dari BSI Mobile belum cukup maksimal, karena banyak kendala pada saat aktivasi akun dan juga pada saat melakukan transaksi dan fitur produk BSI mobile tidak dapat diakses dengan kendala yang tidak terduga, serta tidak efisien waktu dan biaya ketika terjadi kegagalan saat akan login dan saat melakukan transfer. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kualitas layanan, efisiensi dan fitur produk berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia yang menggunakan BSI Mobile studi kasus pada mahasiswa prodi perbankan syariah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, efisiensi dan fitur produk secara parsial dan simultan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia yang menggunakan BSI Mobile studi kasus pada mahasiswa prodi perbankan syaraiah. Pembahasan dalam penelitian ini yang berkaitan dengan teori-teori tentang kualitas layanan, efisiensi dan fitur produk BSI Mobile terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 75 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan alat bantu SPSS 23. Hasil analisis data diketahui bahwa secara parsial dan simultan terdapat pengaruh positif kualitas layanan, efisiensi dan fitur produk terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia yang menggunakan BSI Mobile pada mahasiswa prodi perbankan syariah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa variabel kualitas layanan, efisiensi dan fitur produk memberikan kontribusi sebesar 80% terhadap variabel kepuasan nasabah, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Rukiah, S.E., M.Si. dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I.
Keywords: Mobile banking BSI; Kualitas layanan; Efisiensi; Fitur produk; Bank Syariah Indonesia
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:27
Last Modified: 10 Apr 2023 03:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8627

Actions (login required)

View Item View Item