Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor-faktor kinerja keuangan yang mempengaruhi market share perbankan syariah pada masa pandemi covid-19 di Indonesia

Silaen, Yanda Yuliana (2022) Analisis faktor-faktor kinerja keuangan yang mempengaruhi market share perbankan syariah pada masa pandemi covid-19 di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100159.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang masalah dalam penelitian ini adalah terjadinya naik turun pada NPF, ROA, dan CAR terhadap Market Share Perbankan Syariah di Indonesia. Rumusan Masalah dari penelitian ini, apakah ada pengaruh NPF terhadap Market Share, apakah pengaruh ROA terhadap Market Share, apakah ada pengaruh CAR terhadap Market Share dan apakah ada pengaruh simultan NPF, ROA, dan CAR terhadap Market Share. Tujuan dari penelitian ini mengetahui agar mengetahui pengaruh NPF terhadap Market Share, agar mengetahui pengaruh ROA terhadap Market Share, agar mengetahui penagruh CAR terhadap Market Share, dan agar mengetahui pengaruh simultan NPF, ROA, dan CAR terhadap Market Share pada tahun 2019-2021 Perbankan Syariah Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembahasan tentang pengertian Market Share, pengertian Market Share Perbankan Syariah, Strategi Pertumbuhan Market Share, Klasifikasi Target Market Share, pengertian Non Performing Financing, pengertian Return On Assets, Unsur-unsur Return On Assets, Penyebab perubahan Return On Assets, pengertian Capital Adequancy Ratio, faktor-faktor yang mempengaruhi Market Share, dan pengertian Perbankan Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder dalam bentuk data time series, sebanyak 11 data yang bersumber dari laporan keuangan triwulan melalui websie www.ojk.go.id. Teknik analisis data yang digunakan adalah stastistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), uji koefisien determinasi, dan uji regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu stastistik SPSS versi 23. Hasil penelitian dalam uji t menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh variabel ROA dan CAR, Variabel yang berpengaruh yaitu variabel NPF terhadap Market Share. Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh NPF, ROA, dan CAR terhadap Market Share. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai Adjushed R Square (R2) dari variabel NPF, ROA, dan CAR sebesar 56,0 %. Sedangkan sisanya 44,0 % dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M. dan H. Ali Hardana, S.Pd., M.Si.
Keywords: NPF; ROA; CAR; Market share
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:50
Last Modified: 21 Feb 2023 08:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8391

Actions (login required)

View Item View Item