Silvia, Elvi (2022) Kreatiitas guru PAI dalam meningkatkan situasi belajar yang efektif di SMP Negeri 1 Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100169.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah pada saat guru menjelaskan pembelajaran peserta didik tidak fokus dalam menerima pelajaran. Hal ini dapat dilihat dari observasi awal peneliti, pada saat guru menjelaskan pembelajaran peserta didik masih bercerita dengan temannya sehingga situasi belajar menjadi tidak efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas guru PAI dalam meningkatkan situasi belajar yang efektif di SMP Negeri 1 Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandaling Natal, apakah faktor pendukung, dan apakah faktor penghambatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru PAI dalam meningkatkan situasi belajar yang efektif di SMP Negeri 1 Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandaling Natal, untuk mengetahui faktor pendukung, dan untuk mengetahui faktor penghambat guru PAI dalam meningkatkan situasi belajar yang efektif di SMP Negeri 1 Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan penelitian field reseach dengan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya dilapangan secara murni apa adanya sesuai dengan konteks penelitian. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu guru PAI di SMP Negeri 1 Batahan sedangkan data skundernya adalah peserta didik dan kepala sekolah di SMP Negeri 1 Batahan. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah kreativitas guru PAI dalam meningkatkan situasi belajar yang efektif sudah terlaksana namun belum sepenuhnya. Kreativitas yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan situasi belajar yang efektif adalah dengan penguasaan materi, menggunakan metode mengejar yang tepat, menggunakan media atau alat pembelajaran, melakukan interaksi belajar dengan peserta didik, melibatkan peserta didik secara aktif, menarik minat dan perhatian peserta didik, , dan membangkitkan motivasi peserta didik. Pendukung kreativitas guru PAI dalam meningkatkan situasi belajar yang efektif yaitu pengalaman belajar, gaya kepemimpinan kepala sekolah, memilki bakat dan ketersedian media. Sedangkan yang menjadi penghambat kreativitas guru PAI dalam meningkatkan situasi belajar yang efektif yaitu faktor keterbatasan sarana dan prasana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Samsuddin, M.Ag. dan Nursyaidah, M.Pd. |
Keywords: | Kreativitas; Guru PAI; Situasi belajar efektif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 01:28 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 01:28 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8287 |
Actions (login required)
View Item |