Simangungsong, Halim Putra (2019) Pengaruh perhatian orangtua terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMKN 1 Batangtoru. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
133300053.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar matematika siswa selama proses pembelajaran disebabkan cara yang digunakan guru lebih sering dengan metode ceramah. Sehingga perlu melakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) agar siswa ikut aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa juga meningkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa dalam materi pokok Bangun Ruang di kelas VIII MTs Nurul Huda Hiteurat Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Nurul Huda Hiteurat Kabupaten Padang Lawas Utara. Dengan subjek penelitian kelas VIII-A yang berjumlah 33 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Analisis data yaitu analisis data kualitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar matematika siswa meningkat. Hasil angket motivasi siklus I pertemuan ke-1 diperoleh 62,50% menunjukkan motivasi siswa rendah dan hasil tes diperoleh nilai rata-rata 68,58 dengan persentase ketuntasan 54,55%, pada pertemuan ke-2 hasil angket motivasi siswa diperoleh 71,22% dan hasil tes diperoleh nilai rata-rata 73,97 dengan persetase ketuntasan 66,67%. Pada siklus II pertemuan ke-1 hasil angket motivasi diperoleh 77,65% menunjukkan motivasi siswa sudah baik dan hasil tes diperoleh nilai rata-rata 80,91 dengan persentase ketuntasan 75,76% menunjukkan hasil belajar siswa juga sudah baik, pada pertemuan ke-2 hasil angket diperoleh 88,64% menunjukkan motivasi siswa sangat baik dan hasil tes diperoleh nilai rata-rata 83,76 dengan persentase ketuntasan 84,85% menunjukkan hasil belajar siswa sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag. dan Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. |
Keywords: | Pakem; Motivasi; Hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 195 not found. |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 08:58 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 08:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8252 |
Actions (login required)
View Item |