Rambe, Ahmad Rofii (2022) Analisis perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1740200297.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku konsumsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan yang mana mereka lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan. Mereka cenderung mengonsumsi sesuatu agar dapat mengikuti mode atau tren yang sedang beredar sehingga diakui eksitensinya di tengah lingkungan. Dari hal tersebut dibutuhkan analisis bentuk perilaku konsumsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2017-2018. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah perilaku konsumtif, indokator perilaku konsumtif, faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumtif dan perilaku konsumsi menurut perspektif Islam. Selanjutnya penelitian terdahulu yang meneliti dengan konsep yang sama serta perbedaan dan persamaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder. Data-data ini diperoleh dari informasi peneliti dengan menggunakan cara observasi, wawancara, serta membagikan angket kepada 30 orang yang dijadikan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Setelah data terkumpul, kemudian penulis mengolah data dan menggunakan teknik analisis data, klasifikasi data dan deskripsi data. Berdasarkan hasil penelitian bentuk perilaku konsumsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan angkatan 2017 sampai dengan tahun 2018 berdasarkan indikator perilaku konsumtif yang paling dominan memengaruhi perilaku konsumsi Mahasiswa adalah memilih untuk membeli produk atas pertimbangan harga (bukan atas dasar manfaat atau kegunaannya) dengan persentase 100%, membeli/mengonsumsi produk dengan pertimbangan fashion yang populer saat ini dengan persentase 100% dan membeli/mengonsumsi produk yang dapat menunjang penampilan diri dengan persentase 96,7%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa bentuk perilaku konsumsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Paadangsidimpuan angkatan tahun 2017 sampai dengan tahun 2018 belum sepenuhnya sesuai dengan perilaku konsumsi dalam perspektif Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si. dan Ihdi Aini, M.E. |
Keywords: | Perilaku konsumtif; FEBI IAIN Padangsidimpuan |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 26 Dec 2022 08:33 |
Last Modified: | 26 Dec 2022 08:33 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8251 |
Actions (login required)
View Item |