Siregar, Adelina Maharni (2022) Strategi penanganan pembiayaan bermasalah di masa pandemi covid-19 (studi kasus pada PT. Bank Syariah Indonesia KFO Mikro Pandan Kota). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1840100084.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Pembiayaan bermasalah terus meningkat pada masa pandemi Covid-19 di PT. Bank Syariah Indonesia KFO Mikro Pandan Kota. Pendapatan nasabah yang menurun ketika pemerintah memberlakukan suatu kebijakan yaitu Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah, bagaimana strategi dalam penanganan pembiayaan bermasalah di PT. Bank Syariah Indonesia KFO Mikro Pandan Kota pada masa pandemi Covid-19. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan strategi-strategi dalam penanganan pembiayaan bermasalah di PT. Bank Syariah Indonesia KFO Mikro Pandan Kota pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini berguna sebagai pedoman untuk bagi peneliti, bagi Bank Syariah, bagi masyarakat dan pihak lainnya. Pembahasan dalam penelitian ini menerapkan beberapa teori yang digunakan berkaitan dengan pengertian strategi, konsep pembiayaan, pembiayaan bermasalah, sebab-sebab pembiayaan bermasalah, penetapan kualitas pembiayaan, pembiayaan bermasalah dalam perspektif Islam, strategi penanganan pembiayaan bermasalah, Covid-19, dan Bank Syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa strategi penanganan pembiayaan bermasalah yang dilakukan PT. Bank Syariah Indonesia KFO Mikro Pandan Kota yakni memberikan Surat Peringatan (SP) I, II, dan III serta dilakukan pengurangan nominal angsuran setiap bulannya (restructuring), memperpanjang masa angsuran (rescheduling) sesuai dengan diberlakukannya keputusan POJK No. 11 Tahun 2020 (Restruktur Covid-19) bertujuan untuk menyesuaikan dengan keadaan nasabah yang berimbas pada pandemi Covid-19. Sementara strategi penanganan lain yang dilakukan pihak PT. Bank Syariah Indonesia KFO Mikro Pandan Kota pada pembiayaan bermasalah yaitu melakukan penagihan rutin dengan pendekatan emosional dan kekeluargaan kepada nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Ihdi Aini, M.E. |
Keywords: | Strategi penanganan; Pembiayaan bermasalah; dan Covid-19 |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 03:11 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 08:52 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8166 |
Actions (login required)
View Item |