Sahrani, Anita (2022) Meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan media gambar di Kelas IV MIN 7 Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500118.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah dalam menerapkan media pembelajaran berupa media gambar dengan hasil belajar siswa yang masih dikatagorikan rendah atau belom mencapai nilai KKM yaitu 70. Dalam penelitian ini peneliti ingin melihat seberapa besarkah pengaruh menerapkan Media Gambar Berupa Poster dapat mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 7 Padang Lawas Utara. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerepan media poster pada materi keberagaman Kebudayaan, Bangsa, dan Agama dalam meningkatkan Hasil belajar siswa kelas IV di MIN 7 Padang Laas Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Tematik Pada Bidang Mata Pelajaran IPS dengan menggunakan Media Gambar berupa Poster pada siswa kelas IV MIN 7 Padang Lawas Utara. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus ada dua pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas IV MIN 7 Padang Lawas Utara yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sementara instrument pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil belajar saat pra siklus, rata-rata kelas adalah 60,92 untuk ketuntasan ada 5 siswa atau 20% dan belum tuntas ada 20 siswa atau 80%. Pada Siklus I Pertemuan I ketuntasan hasil belajar siswa yang tuntas 9 orang (36%), yang tidak tuntas 16 orang (64%), dan rata-rata yang diperoleh 66,6. Siklus I Pertemuan II siswa yang tuntas 14 orang (56%) yang tidak tuntas 11 orang (44%), dan nilai rata-rata yang diperoleh 70. Siklus II pertemuan I Siswa yang tuntas 17 orang (68%) yang tidak tuntas 8 (32%), dan nilai rata-rata yang diperoleh 76,4. Pada siklus II pertemuan II siswa yang tuntas 20 orang (80%), siswa yang tidak tidak tuntas 5 orang (20%), nilai rata-rata yang diperoleh 78,2. Maka dari itu penelitian ini dikatakan berhasil karena telah mencapai persentase keberhasilan yang diinginkan yaitu 80%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Hamidah, M.Pd. dan Rahmadani Tanjung, M.Pd. |
Keywords: | Hasil belajar tematik bidang mata pelajaran IPS; Media gambar poster |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 09:03 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 02:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8005 |
Actions (login required)
View Item |