Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model problem based learning pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V SDN 067 Jambur Padang Matinggi Kecamatan Panyabungan Utara

Chaniago, Novi Deliani (2022) Penerapan model problem based learning pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V SDN 067 Jambur Padang Matinggi Kecamatan Panyabungan Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa SDN 067 Jambur Padang Matinggi Kecamatan Panyabungan Utara. Hal ini dilihat dari banyaknya siswa yang belum memenuhi kriteria tuntas dalam pembelajaran, hal ini diduga karena kurangnya variasi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran yang menjadikan pembelajaran menjadi monoton dan kurangnya interaksi antara guru dan siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 067 Jambur Padang Matinggi Kecamatan Panyabungan Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pre test sebelum menerapkan model Problem Based Learning hanya 30% (6 siswa) dengan rata-rata nilai 64,2 yang memenuhi KBM, 70% (14 siswa) yang tidak tuntas kemudian, pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74,65 dengan persentase ketuntasan 60% (12 siswa), pada siklus II nilai rata-rata siswa semakin meningkat menjadi 80,45 dengan persentase ketuntasan 85% (17 orang), selisih nilai rata-rata dari siklus I dengan siklus II yaitu 5,8. Dengan demikian hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan dengan menerapkan model Problem Based Learning dan menambahkan media pada setiap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag, M.Pd. dan Rahmadani Tanjung, M.Pd.
Keywords: Model problem based learning; Hasil belajar; Pembelajaran IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:40
Last Modified: 06 Dec 2022 02:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7992

Actions (login required)

View Item View Item