Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai spritual siswa di MTs. S Muhammadiyah Paraman Ampalu Kecamatan Gunug Tulehkabupaten Pasaman Barat

Letti, Aina (2022) Peranan guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai spritual siswa di MTs. S Muhammadiyah Paraman Ampalu Kecamatan Gunug Tulehkabupaten Pasaman Barat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah pengalaman nilai spiritual siswa masih jauh dari yang diharapkan. Nilai spiritual yang diajarkan oleh guru di sekolah belum begitu diamalkan oleh siswa, banyak dari siswa yang masih melalaikan nilai spiritual tersebut, dari permasalahan ini dapat dilihat bahwa penanaman nilai spiritual yang diajarakan di sekolah belum mencapai tujuan pendidikan sebgaimana yang diharapakan yaitu salah satunya dalam hal pembinaan nilai spiritual. Di MTs. S Muhamamdiyah Paraman Ampalu Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kondisi spritual siswa di MTs. S Muhammadiyah Paraman Ampalu. Bagaimana peranan guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai spritual siswa. untuk itu peneliti ini bertujuan untuk mengetahui kondisi nilai spritual siswa dan untuk mengetahui bagaimana peranan guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai spritual pada siswa. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan secara sistematis fakta dan objek yang diteliti sesuai dengan apa adanya. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan proses mencari dan menyususun urusan data secara sistematis dari data yang diperoleh dan hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa kondisi spritual siswa di MTs. S Muhamamdiyah Paraman Ampalu masih kurang dari yang diharapkan, dilihat dari tingkah laku siswa sehari-hari baik diruangan maupun diluar ruangan,yang belum melaksanakan sepenuhnya apa yang diajarakan oleh guru akidah akhlak, adapun Peran yang dilakukan guru Akidah akhlak untuk menanamkan nilai spritual siswa di MTs. S Muhammadiyah Paraman Ampalu, adalah guru sebagai pendidik seperti guru mendidik siswa bagaimana adab yang baik, guru sebagai pengajar seperti memberikan materi-materi yang berhubungan dengan agama, guru sebagai pembimbing contohnya ketika melaksanakan muhadharah, guru sebagai motivator, seperti memberikan motivasi-motivasi yang baik, guru sebagai teladan memberikan contoh-contoh yang baik, guru sebagai evaluator, seperti memberikan penilaian pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dan Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag.
Keywords: Peran guru akidah akhlak; Nilai spritual
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 Jun 2022 08:56
Last Modified: 10 Dec 2022 07:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7966

Actions (login required)

View Item View Item