Siregar, Winda Sari (2022) Determinan keputusan nonmuslim menjadi nasabah di PT. Bank Syariah Indonesia KCP Rantauprapat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640100060.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Keputusan nasabah merupakan pilihan oleh konsumen untuk melakukan pembelian suatu produk diawali oleh adanya kesadaran atas pemenuhan kebutuhan dan keinginan. Agar pihak manajemen dapat mengenal nasabah dan mengerti akan keinginan nasabah pada saat ini dan masa yang akan datang. Oleh karena itu keunggulan pesaing terutama berasal dari kemampuan suatu bank untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya. Namun pada kenyataannya walaupun pelayanaan bank sudah cukup baik belum tentu keputusan non-muslim menjadi nasabah tercapai. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pelayanan, promosi, dan religiusitas terhadap keputusan nonmuslim menjadi nasabah baik secara parsial maupun simultan. Teori pada penelitian ini meliputi pengertian pelayanan, promosi, dan religiusitas serta keputusan nonmuslim menjadi nasabah. Teori penelitian ini juga mencakup tentang hubungan antara pelayanan, promosi, dan religiusitas serta keputusan nonmuslim menjadi nasabah dalam perspektif Islam. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket dengan jumlah sampel 92 nasabah. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS V 23. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji-t bahwa variabel pelayanan tidak mempunyai pengaruh secara parsial terhadap keputusan nonmuslim menjadi nasabah. Sedangkan variabel religiuisitas mempunyai pengaruh secara parsial terhadap keputusan nonmuslim menjadi nasabah. Berdasarkan uji-F dapat diketahui secara simultan variabel pelayanan, promosi dan religiusitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nonmuslim menjadi nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Kamaluddin, M.Ag. dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M. |
Keywords: | Pelayanan; Promosi; Religiusitas; Keputusan nonmuslim |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 02:22 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 08:26 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7944 |
Actions (login required)
View Item |