Hartinah, Siti (2019) Pengaruh biaya promosi, biaya diklat dan inflasi terhadap dana pihak ketiga pada unit usaha syariah tahun 2015-2018. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 401 00168.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini di latar belakangi oleh perkembangan Perbankan Syariah serta tingkat persaingan bisnis perbankan yang semakin ketat terutama dalam menghimpun dana pihak ketiga. Ditambah dengan permasalahan ekonomi yang diakibatkan oleh kenaikan inflasi menambah sulitnya bagi pihak bank untuk menghimpun dana pihak ketiga dari masyarakat. Maka berdasarkan hal tersebut Bank Syariah menyadari bahwa pemberian kegiatan promosi dan diklat dianggap cukup penting bagi keberlangsungan bank itu sendiri. Adapun permasalahan yang diteliti yaitu pengaruh biaya promosi, biaya diklat dan inflasi terhadap dana pihak ketiga pada Unit Usaha Syariah tahun 2015-2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh biaya promosi, biaya diklat dan inflasi terhadap dana pihak ketiga pada Unit Usaha Syariah tahun 2015-2018. Teori yang digunakan dalam penelitian ini meliputi dana pihak ketiga beserta dengan jenis-jenisnya, biaya promosi dan jenis-jenisnya, diklat meliputi pendekatan dalam pemberian, faktor penyebab, serta metode pelaksanaan program diklat, inflasi meliputi sumber penyebab, dampak sosial ekonomi dan indikator inflasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melakukan berupa uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis berupa uji T, uji F dan uji R2. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi kepustakaan dan dokumentasi dengan jumlah sampel sebanyak 48 bulan dengan teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh dengan pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya biaya promosi, biaya diklat,dan inflasi memiliki pengaruh hubungan yang kuat terhadap dana pihak ketiga, hal ini ditunjukkan dengan hasil R2 sebesar 63.5% sedangkan 36.5% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian yang dilakukan. Sedangkan secara parsial biaya promosi berpengaruh terhadap dana pihak ketiga dengan nilai thitung > ttabel (5.557 > 1.68023). Biaya diklat berpengaruh negatif terhadap dana pihak ketiga dengan nilai thitung < ttabel (-3.601 < 1.68023). Inflasi berpengaruh negatif terhadap dana pihak ketiga dengan nilai thitung < ttabel ( -2.858 < 1.68023). Sedangkan berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa biaya promosi, biaya diklat, dan inflasi mempunyai pengaruh terhadap dana pihak ketiga pada Unit Usaha Syariah dengan nilai Fhitung > Ftabel ( 23.215 > 2.80).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., MM, dan Arti Damisa, M.E.I. |
Keywords: | Dana Pihak Ketiga; Biaya Promosi; Biaya Diklat; Inflasi |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 21 Apr 2020 05:32 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 01:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/794 |
Actions (login required)
View Item |