Harahap, Norlan Cahaya (2022) Peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter santri di Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pendidikan Daarul Mukhlishin Bahap Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720100137.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan nasional tidak hanya bertujuan untuk menjadikan seorang peserta didik cerdas secara intelektual, namun pendidikan juga bertujuan untuk menjadikan siswa cerdas secara sosial dan berkarakter. Adapun rumusan masalah karakter dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter santri dan apa kendala apa yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter santri. Peran guru Pendidikan Agama Islam akan menggambarkan pola tingkah laku yang akan diharapkan dalam interaksi santri dengan guru. Dengan demikian madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam mempunyai tugas tidak hanya mencerdaskan namun juga membentuk karakter dalam diri santri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif Deskripstif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh dari informan yaitu guru Pendidikan Agama Islam, santri Kelas VIII dan Kepala Madrasah Tsanawiyah yayasan Pendidikan Daarul Mukhlishin Bahap, Kecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara. Hasil dari penelitian yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pendidikan Daarul Mukhlishin Bahap, Kecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara, menemukan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter santri di Madrasah Tsanawiyah yaitu: peran sebagai model dan teladan, pembimbing, pengarah dan evaluator. Kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter santri di Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pendidikan Daarul Mukhlishin Bahap, Kecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara yaitu faktor internal dan faktor eksternal, dimana faktor internal yaitu kurangnya minat belajar santri. sedangkan faktor eksternal yaitu latar belakang yang kurang mendukung, lingkungan madrasah, lingkungan masyarakat serta kurangnya sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag. dan Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi, M.A. |
Keywords: | Peran guru pendidikan agama islam; pembentukan karakter |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 07:34 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 05:41 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7893 |
Actions (login required)
View Item |