Nasution, Saharuddin (2021) Strategi pemasaran tabungan IB martabe wadi’ah pada PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Rantau Prapat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1540100195.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Strategi pemasaran merupakan langkah yang dapat dilakukan oleh suatu bank dalam meningkatkan pemasaran produk dan jasanya. Tabungan IB Martabe Wadiah merupakan salah satu produk dan jasa yang dapat diambil kapanpun oleh nasabah tanpa agunan pada PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Rantauprapat. Dengan banyaknya bank yang berbentuk syariah yang berdiri di Rantauprapat tentunya persaingan pasar juga semakin meningkat, dan hal tersebut menuntut PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Rantauprapat untuk lebih kreatif dalam memasarkan produknya agar lebih diminati masyarakat, yaitu dengan menerapkan strategi pemasaran pada produk dan jasa yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk Tabungan IB Martabe Wadiah pada PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Rantauprapat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori tentang strategi pemasaran, tabungan wadiah, dan teori-teori terkait bauran pemasaran (marketing mix) yang diantaranya adalah produk, harga, lokasi dan promosi. Penelitian ini menggunakan metode penilitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis lisan dari orang-orang dan prilaku yang di amati. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik menjamin keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Teknik analisis datanya adalah mencari dan menyusun secara sistematis data hasil wawancara dan bahan-bahan lain sehingga mudah di pahami. Hasil penelitian ini adalah hal yang dilkukan oleh PT. Bank Sumut KCP. Syariah Rantauprapat yaitu menyebarkan brosur atau membagikan lembaran brosur di lingkungan masyarakat, menawarkan produk tersebut jika nasabah melakukan transaksi di bank. Jika nasabah datang ke bank maka karyawan maupun keseluruan karyawan akan mempromosikan produk apa saja yang ada di dalam bank tersebut, memasarkan produk tersebut jika pihak bank sedang melakukan pertemuan langsung terhadap nasabah. Jika pihak bank pergi ke lapangan untuk melakukan pemasaran, analisis pembiayaan maupun penagihan maka seluruh pelaksana memasarkan produk yang ada, Melakukan Pemasaran secara langsung. Pemasaran secara langsung ini adalah pemasaran yang dilakukan mulai dari menejer sampai Cleaning Service atau security akan melakukan promosi untuk menarik minat terhadap produk yang ditawarkan pada saat waktu yang memungkinkan dan menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintahan dan pendidikan di sekitar Rantauprapat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Nurul Izzah, M.Si. |
Keywords: | Pemasaran; Tabungan; Wadiah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012711 al-Wadi’ah (Penitipan Barang atau Modal) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 07:40 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 08:38 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7813 |
Actions (login required)
View Item |