Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan minat pedagang muslim menggunakan pembiayaan bank syariah (studi kasus pedagang muslim Desa Salambue Kec. Padangsidimpuan Tenggara)

Siregar, Hapipah Damayanti (2022) Determinan minat pedagang muslim menggunakan pembiayaan bank syariah (studi kasus pedagang muslim Desa Salambue Kec. Padangsidimpuan Tenggara). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100108.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Perbankan Syariah merupakan institusi yang memberikan layanan jasa perbankan berdasarkan prinsip Syariah yang di mana sistem operasionalnya terhindar dari riba terutama dalam pembiayaan bank syariah. Walaupun demikian belum menjamin pedagang menggunakan pembiayaan Bank Syariah seperti yang terlihat pada pedagang muslim desa Salambue yang menggunakan pembiayaan bank konvensional sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian yang berjudul Determinan Minat Pedagang Muslim Menggunakan Pembiayaan Bank Syariah (Studi Kasus Pedagang Muslim Desa Salambue Kec. Padangsidimpuan Tenggara). Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kebutuhan, pelayanan, dan promosi secara parsial dan simultan terhadap minat pedagang muslim menggunakan pembiayaan bank syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kebutuhan, pelayanan, dan promosi secara parsial dan simultan terhadap minat menggunakan pembiayaan Bank Syariah. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan teori-teori yang berkaitan dengan pembahasan perbankan Syariah,pembiayaan bank syariah, minat dimana ada tiga fator yang mempengaruhi minat yaitu faktor dari dalam, faktor sosial dan faktor emosional atau persaan,aerta pembahasan tentang kebutuhan, pelayanan dan promosi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesioner/angket, dan dokumentasi dengan jumlah sampel 43 responden dan meggunakan sampel jenuh. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2), uji hipotesis dan uji analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 23. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kebutuhan dan pelayanan tidak mempunyai pengaruh secara parsial terhadap minat menggunakan pembiayaan Bank Syariah, sedangkan variabel promosi mempunyai pengaruh secara parsial terhadap keputusan menggunakan pembiayaan Bank Syariah. Secara simultan variabel kebutuhan, pelayanan, dan promosi mempunyai pengaruh terhadap minat pedagang muslim menggunakan pembiayaan Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdul Nasser Hasibuan, S.E., M.Si. dan Zulaika Matondang, S.Pd., M.Si.
Keywords: Kebutuhan; Minat; Pelayanan; Promosi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:16
Last Modified: 30 Nov 2022 08:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7700

Actions (login required)

View Item View Item