Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan tagline gratis ongkir dan online customer rating terhadap minat beli produk pakaian muslim di Shopee (studi pada mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan

Siregar, Romadhonna (2022) Pengaruh penggunaan tagline gratis ongkir dan online customer rating terhadap minat beli produk pakaian muslim di Shopee (studi pada mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200303.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi menyebabkan perubahan perilaku konsumen yang awalnya berbelanja melalui offline shop berubah menjadi berbelanja melalui online shop. Salah satu fitur yang paling digemari konsumen adalah fitur gratis ongkir. Shopee menawarkan solusi mudah bagi para konsumen yaitu dengan menampilkan online customer review dan online customer rating untuk meningkatkan kepercayaan bagi konsumen maupun calon konsumen. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh tagline “gratis ongkir” dan online customer rating terhadap minat beli produk pakaian muslim di shopee (studi pada mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh penggunaan tagline gratis ongkir dan online customer rating terhadap minat beli produk pakaian muslim di shopee (studi pada mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan). Penelitian ini didukung oleh teori Suyanto yang mengatakan tagline yang tertuang dalam pesan iklan outdoor merupakan awal kesuksesan periklanan untuk menarik minat beli konsumen dan teori Kotler & Keller yang menyatakan bahwa saluran komunikasi personal dalam ucapan perkataan dari mulut ke mulut salah satunya online customer rating bisa menjadi promosi yang efektif karena disampaikan dari konsumen oleh konsumen dan untuk konsumen. Variabel independen penelitian ini adalah penggunaan tagline dan online customer rating dan variabel dependennya minat beli. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data diperoleh melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified sampling. Dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 26 dengan menggunakan metode analisis uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian ini memiliki nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,328 atau 32,8% artinya variabel tagline dan online customer rating mempengaruhi minat beli sebesar 32,8%. Sedangkan sisanya 67,2% dijelaskan oleh variabel lain. Kemudian hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa, variabel tagline memiliki thitung > ttabel = (4,185 > 1,662) artinya terdapat pengaruh tagline dengan minat beli. Sedangkan untuk variabel online customer rating memiliki thitung > ttabel = (2,761 > 1,662) artinya terdapat pengaruh online customer rating dengan minat beli. Sedangkan dengan cara simultan (uji F) hasilnya terdapat pengaruh tagline “gratis ongkir dan online customer rating terhadap minat beli yang dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel = (22,408 > 2,36).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, M.M dan Adanan Murrah Nasution, M.A
Keywords: Tagline; Online customer rating; Minat beli.
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150499 Commercial Services not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 08 Jun 2022 07:06
Last Modified: 05 Jan 2023 02:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7651

Actions (login required)

View Item View Item