Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan kepuasan nasabah menggunakan layanan mobile banking pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan pada masa pandemi Covid-19

Siregar, Maya Adelina (2021) Determinan kepuasan nasabah menggunakan layanan mobile banking pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan pada masa pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100207.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 layanan mobile banking menjadi layanan yang banyak diminati nasabah untuk bertransaksi, sebab layanan tersebut diberikan bank adalah dengan tujuan untuk memudahkan nasabah ketika bertransaksi. Akan tetapi dilihat dari data yang diperoleh dari Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan penggunaan layanan mobile banking pada masa pandemi Covid-19 tahun 2020 mengalami penurunan dibandingkan pada tahun sebelumnya, yaitu pada tahun 2019 (sebelum pandemi Covid-19). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan, dan persepsi kemanfaatan terhadap kepuasan nasabah menggunakan layanan mobile banking. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan pengertian kepuasan nasabah, pengukuran tingkat kepuasan nasabah, faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah, kepuasan nasabah dalam perspektif Islam, aspek pelayanan di perbankan, pengertian pelayanan, dimensi pelayanan, bentuk bentuk layanan di perbankan, layanan digital teknologi di perbankan, mobile banking, kemudahan penggunaan serta persepsi kemanfaatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 167 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji parsial (uji T), uji simultan (uji F), uji koefisien determinasi (R2 ) serta analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan menggunakan program SPSS versi 23 diperoleh bahwa variabel kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah menggunakan layanan mobile banking. Variabel persepsi kemanfaatan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah menggunakan layanan mobile banking. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa variabel kemudahan penggunaan, dan persepsi kemanfaatan secara simultan memiliki pengaruh terhadap kepuasan nasabah menggunakan layanan mobile banking pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah padangsidimpuan pada masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rukiah, M.Si. dan Adanan Murroh Nasution, M.A
Keywords: Kepuasan; Mobile banking; Kemudahan; Kemanfaatan
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:25
Last Modified: 17 Jan 2022 04:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7442

Actions (login required)

View Item View Item