Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran pembiayaan musyarakah mutanaqishah pada PT. Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua

Hutagalung, Riska Putri (2021) Strategi pemasaran pembiayaan musyarakah mutanaqishah pada PT. Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100346.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena terjadinya penurunan pembiayaan musyarakah mutanaqishah mulai tahun 2015-2020 pada PT. Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua. Sehingga adapun tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran pembiayaan musyarakah mutanaqishah dengan menggunakan analisis SWOT, mengetahui apa saja faktor yang menjadi kurangnya minat nasabah dalam pembiayaan musyarakah mutanaqishah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembahasan tentang Pengertian musyarakah mutanaqishah, landasan hukum musyarakah mutanaqishah, keunggulan dan kelemahan musyarakah mutanaqishah, ketentuan akad musyarakah mutanaqishah, pengertian pembiayaan, pengertian strategi pemasaran, analisis SWOT, hubungan strategi pemasaran dengan analisis SWOT. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah karyawan bank dan nasabah yang berhubungan langsung dengan permasalahan yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Kemudian pengecekan keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dalam pembiayaan musyarakah mutanaqishah. Strategi pemasaran menggunakan bauran marketing mix yaitu produk, price, place, promotion, people, dan proses. Berdasarkan Analisis SWOT PT. Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua diperoleh beberapa formulasi alternatif strategi dalam pemasaran produk pembiayaan musyarakah mutanaqishah yaitu Strategi SO: Mempertahankan kualitas produk, meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan respon yang cepat kepada nasabah, menjalin hubungan yang lebih baik kepada masyarakat. Strategi ST: Berkurangnya pendapatan bank syariah atas margin sewa yang dibebankan pada aset yang menjadi objek akad. Cicilan di tahun-tahun pertama akan terasa begitu membebankan bagi nasabah, namun tahun-tahun berikutnya akan terasa ringan. Dan biaya yang timbul pada akad, sepenuhnya dibebankan kepada nasabah. WO: musyarakah mutanaqishah adalah bentuk inovasi produk perbankan syariah. Dan perkembangan investasi properti di Indonesia. Strategi WT: Proses pelaksanaan pembiayaan musyarakah mutanaqishah yang dilakukan dengan cara mengangsur setiap bulan akan terkena risiko kredit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rukiah, M.Si. dan Adanan Murroh Nasution, M.A
Keywords: Strategi pemasaran; Pembiayaan; Musyarakah mutanaqishah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 21 Dec 2021 03:14
Last Modified: 21 Dec 2021 03:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7305

Actions (login required)

View Item View Item