Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan customer service sebagai public relation dalam mengatasi keluhan nasabah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Padangsidimpuan

Rangkuti, Alam Fan Haidir (2021) Peranan customer service sebagai public relation dalam mengatasi keluhan nasabah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540100014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakng masalah dalam penelitian ini berkaitan dengan pelayanan yang diberikan customer service agar nasabah merasa puas akan pelayanan yang diberikan. Dikarenakan rasa kepuasan nasabah akan pelayanan yang diberikan merupakan prioritas utama bagi pihak bank. Namun, terkadang nasabah merasa puas dengan layanan banknya, tapi mereka tetap mau berpindah jika bank lain memberikan pelayanan yang lebih baik dalam mengatasi keluhan nasabah. Peranan customer service sebagai public relation sangat dibutuhkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan mampu mengatasi keluhan yang dialami nasabah dengan baik untuk menjaga keharmonisan dalam bermitra. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran customer service sebagai public relation dalam mengatasi keluhan nasabah di PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Padangsidimpuan? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran customer service sebagai public relation dalam mengatasi keluhan nasabah di PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini adalah tentang teori-teori peran customer service sebagai public relation dalam mengatasi keluhan nasabah yang harus dilakukan baik itu mengenai sikap, tugas, fungsi, dan cara mengedukasi nasabah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterprestasi objek sesuai dengan apa adanya. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Teknik analisa data dengan reduksi data, editing data, deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peranan customer service sebagai public relations dalam mengatasi keluhan nasabah yang berkaitan dengan: 1. Kartu Automatic Teller Machine (ATM) tertelan adalah dengan mengarahkan dan memproses keluhan nasabah dengan cepat dan tepat. 2. Kartu Automatic Teller Machine (ATM) ditolak adalah dengan menjelaskan dan mengarahkan dan tidak ada perbedaan dalam melayani keluhan nasabah lainnya. Setelah melakukan tugasnya dalam mengatasi keluhan nasabah, juga harus memberikan edukasi kepada nasabah agar kejadian yang di alami nasabah tidak terulang kembali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, ST, MM dan Damri Batubara, M.A
Keywords: Customer service; Keluhan nasabah; Bank Muamalat
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 15 Dec 2021 02:44
Last Modified: 15 Dec 2021 02:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7291

Actions (login required)

View Item View Item