Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh Responsiveness dan Emphaty Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Rencana pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan

Sari, Indah Permata (2018) Pengaruh Responsiveness dan Emphaty Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Rencana pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 401 00138.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Persaingan yang begitu keras di lembaga keuangan, menuntut lembaga keuangan syariah melakukan strategi untuk memperkenalkan produk yang mereka tawarkan ke masyarakat. Permasalahan penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan jumlah nasabah tabungan rencana pada PT. Bank Muamalat Indonesia,Tbk Cabang Padangsidimpuan di tahun 2017 mengalami penurunan. Salah satu kualitas pelayanan untuk mempengaruhi kepuasan nasabah tabungan rencana pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan adalah responsiveness dan emphaty. Adapun permasalahan yang diteliti yaitu pengaruh responsiveness dan emphaty terhadap kepuasan nasabah tabungan rencana pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah responsiveness dan emphaty mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah tabungan rencana pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang kepuasan nasabah, teori tentang responsiveness, dan teori tentang emphaty. Secara umum penelitian ini banyak bersinggungan dalam teori teori kualitas pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis uji regresi berganda, koefisien determinasi (R2), signifikasi parsial (uji t) dan Uji signifikasi Simultan (Uji F). Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 132 nasabah, dengan tehnik pengambilan sampel adalah sampling insidental. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti, terdapat penegaruh antara variabel independen dengan variabel dependen. Hal tersebut diperoleh dari uji koefisien determinasi (R2) dengan nilai R square sebesar 0,455 artinya 45,5 % pengaruh yang signifikan variabel dependen dipengaruhi oleh variabel independen, sedangkan sisanya 54,5 dijelaskan oleh varibel lain diluar yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa secara parsial responsiveness memiliki pengaruh terhadap kepuasan nasabah yang dibuktikan dengan nilai bahwa thitung > ttabel (2,932 > 1,656) atau Ha1 diterima. Pada variabel emphaty secara parsial juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah yang dibuktikan dengan nilai thitung> ttabel (4,162> 1,656) Ha2 diterima. Hasil penelitian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa responsiveness dan emphaty memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah, yang dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (53,949 > 3,07) maka Ha3 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Responsiveness; Emphaty; Kepuasan nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 20 Apr 2020 09:17
Last Modified: 22 Apr 2020 07:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/722

Actions (login required)

View Item View Item